Mengaku pernah mandi di Sungai Siak, Bule ini ingin investasi di Riau

id investor selandia baru,investasi riau

Mengaku pernah mandi di Sungai Siak, Bule ini ingin investasi di Riau

Gubri Syamsuar saat berdialog dengan James secara virtual. (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Seorang calon investor asal Selandia Baru, James Daniel, mengaku tertarik untuk berinvestasi di Riau karena salah satunya ia pernah tinggal di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru pada tahun 1996 silam.

James mengaku senang pernah tinggal Pekanbaru dan pernah mandi di Sungai Siak. Riau pun dianggap sebagai rumah keduanya. Hal itu terungkap saat dia melakukan video conference bersama Gubernur Riau Syamsuar, Minggu (25/7/2021), seperti yang dilansir media center.

Atas alasan ini pula akhirnya James memilih Riau untuk melakukan investasi dibanding negara lain yang mengajaknya bekerja sama.

Bentuk investasi yang dilakukan di Provinsi Riau antara lainterminal pelabuhan dan tempat berlabuh super tanker di Tanjung Buton dan Siak, tangki penyimpanan, kilang minyak mentah (refinery for crude), dan kilang kelapa.

Rencana investasi inipun disambut baik oleh Gubernur Riau Syamsuar. Saat ini Provinsi Riau telah memiliki infrastruktur yang mendukung salah satunya jalan tol yang menghubungkan Riau dengan provinsi tetangga, hal itu dinilai mendukung investasi.

Tol ini diharapkan dapat berguna untuk melancarkan distribusi barang dan jasa dalam menunjang pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau. Beberapa tol yang menghubungkan Riau dengan provinsi lainnya yaitu tol Riau-Sumatera Barat, Riau-Jambi, Dumai-Sumatera Utara.

Syamsuar beranggapan saat ini Riau menjadi pusat perkembangan yang ada di Pulau Sumatera.

Pada kesempatan yang sama Syamsuar mengaku akan melakukan uji kelayakan tol terlebih dahulu, agar James dapat mengetahui proyek yang sesuai untuk berinvestasi di Bumi Lancing Kuning ini.Dengan adanya investasi ini diharapkan dapat bermanfaatbagi Riau, dan masyarakatnya bisa menjadi lebih makmur.

Baca juga: Dinilai Kementerian Investasi, DPMPTSP Siak masuk sembilan besar nasional

Baca juga: DPMPTSP Riau dan Meranti bersinergi awasi izin investasi