PON: Sumbar Optimis Lebihi Target Emas Tarung Derajat

id pon sumbar, optimis lebihi, target emas, tarung derajat

Padang, (antarariau) - Tim tarung derajat Sumatera Barat optimistis bisa melebihi target medali emas yang dibebankan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Riau, 9-21 September.

"Dari KONI Sumbar kita dibebankan satu medali emas, namun kita optimistis bisa melebihi target tersebut minimal dua medali emas bisa dibawa pulang," kata Ketua Harian Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Sumbar Alnedral di Padang, Selasa.

Ia menilai, peluang medali emas tersebut bisa diraih lewat atletnya yang selama mengikuti pemusatan dan latihan daerah PON terus mengalami peningkatan, baik fisik maupun dalam menerapkan teknik yang diinstruksikan pelatih.

Hal tersebut katanya menjadi indikasi untuk bisa berbuat lebih baik lagi dan meraih medali emas pada pesta olahraga empat tahunan tersebut.

"Kepercayaan diri atlet juga meningkat, hal itu bisa menambah mental bertanding atlet saat berhadapan dengan lawan pada pertandingan sesungguhnya," katanya.

Selain itu pencapaian atlet pada babak kualifikasi POn juga menjadi tulok ukur kekuatan dalam mencapai target yang sudah dicanagkan.

Dikatakannya, pada babak kualifikasi PON salah seorang petarung Sumbar atas nama Rambo Sugianto mampu meraih medali emas.

"Hasil itu menjadi kekuatan kita untuk bisa mempertahankan dan menambah raihan medali pada PON 2012," katanya.

Menyinggung tentang lawan terberat yang akan dihadapi petarung Sumbar dalam ajang multievent tersebut Alnedral mengatakan, atlet dari Jawa Barat, DKI Jakarta, serta Kalimantan Timur menjadi lawan terberat yang harus diwaspadai.

Daerah itu katanya, didominasi oleh atlet yang selama ini sering mewakili Indonesia pada kejuaraan nasional, seperti SEA Games.

Ia mengharapkan atletnya mampu mematahkan dominasi atlet dari daerah itu dan terutama pada nomor yang menjadi andalan Sumbar di PON 2012.

Di PON 2012, Sumbar diwakili oleh lima petarung yang sebelumnya berhasil lolos pada babak kualifikasi. Lima petarung tersebut yakni, Rambo Sugianto, Rezi Alvaleri, Akhsan Zainal, Hidayatul Putra dan dan Rahmi Yanti.

Prestasi Sumbar pada PON sebelumnya di Kalimantan Timur berhasil meraih satu medali emas, satu perak dan tiga perunggu.