Tiga atlet binaan FKKSPG wakili Sumbar di PON XXI Aceh-Sumut

id Berita hari ini,berita riau antara, berita riau terbaru,Semen Padang

Tiga atlet binaan FKKSPG wakili Sumbar di PON XXI Aceh-Sumut

Tiga atlet binaan FKKSPG wakili Sumbar di PON XXI Aceh-Sumut (ANTARA/HO-PT Semen Padang)

Pekanbaru (ANTARA) - Cabang olahraga (Cabor) binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSPG) ibarat 'KONI mininya' Sumbar. Pasalnya, setiap gelaran PON, selalu saja ada atlet binaan FKKSPG yang menjadi andalan untuk mewakili Sumbar di ajang nasional tersebut.

Sekretaris Umum FKKSPG Edi Fahrizal mengatakan, untuk PON XXI PON ACEH-SUMUT 2024, sedikitnya ada tiga atlet binaan FKKSPG yang akan berlaga pada PON mendatang. Ketiga atlet itu adalah Fukratuz Zakiah dari cabor Soft Tennis, Muhammad Iqbal dari kelatnas Perisai Diri yang turun untuk cabor Pencak Silat, dan Septian Thoriq A dari cabang karate.

"Ini baru data sementara. Karena sejauh ini, baru tiga atlet binaan yang melapor ke FKKSPG. Kemungkinan, masih ada atlet binaan kami lainnya yang akan turun mewakili Sumbar pada PON mendatang. Namun, mereka belum melapor ke FKKSPG," kata Edi, Senin (30/10/2023).

Untuk Fukratuz Zakiah, sebut Edi, berhasil mengamankan tiket PON XXI setelah menyabet medali perak pada babak kualifikasi (Pra) PON cabor Soft Tennis yang digelar di Jakarta 21-26 Agustus 2023. Kemudian Muhammad Iqbal, mendapatkan medali emas pada Kejurnas/Pra PON. "Begitu juga dengan Septian Thoriq A yang juga juara pada Pra PON," ujar Edi.

Fukratuz Zakiah yang dihubungi terpisah mengaku bangga bisa mewakili Sumbar pada PON Aceh-Sumut mendatang. Dan, keberhasilan tentunya tidak terlepas dari dukungan PT Semen Padang melalui FKKSPG yang telah memberikan pembinaan kepada dirinya maupun kepada cabor Tennis.

"Jadi, saya sangat berterima kasih sekali kepada Semen Padang dan FKKSPG. Mewakili Sumbar untuk ajang PON ini adalah impian saya sejak lama. Alhamdulillah, terwujud. Mudah-mudahan pada PON mendatang, saya bisa mengharumkan nama Sumbar dan Semen Padang di kancah nasional tersebut," katanya.

Dalam mempersiapkan diri menghadapi PON mendatang, mahasiswi semester 5 jurusan Kepelatihan Guru Olahraga, Universitas Negeri Padang (UNP) itu menyebut bahwa dirinya saat ini masih terus giat berlatih, meskipun belum ada pemanggilan dari KONI Sumbar untuk pemusatan latihan.

Latihan dilakukan secara mandiri setiap sore sepulang kuliah mulai dari Senin sampai Jumat di Lapangan Tenis UNP. Kemudian pada Sabtu dan Minggu, latihan pagi dan sore di Lapangan Tennis PT Semen Padang atau di lapangan tenis Unand.

"Latihan mandiri ini saya lakukan sambil menunggu pemanggilan dari Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Sumbar dan KONI Sumbar.

Latihan yang saya lakukan mulai dari fisik, mental, teknik, taktik dan strategi dalam bermain Soft Tennis, baik itu tunggal maupun ganda," kata Zakiah.

Sementara itu, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengapresiasi ketiga atlet binaan FKKSPG yang berhasil mewakili Sumbar di ajang PON XXI Aceh-Sumut. Anita berharap ketiganya bisa membawa medali untuk Sumbar.

"Selamat buat Zakiah, Iqbal dan Septian Thoriq. Kami dari manajemen Semen Padang turut berbangga ketiganya bisa lolos PON Aceh-Sumut. Mudah-mudahan, ketiganya mampu memberikan hasil maksimal untuk Sumbar dan juga Semen Padang," kata Anita.