Dorong pertumbuhan ekonomi, pelaku UMKM Meranti ikut pelatihan agro

id Umkm meranti, berita meranti

Dorong pertumbuhan ekonomi, pelaku UMKM Meranti ikut pelatihan agro

Sekda Kepulauan Meranti Kamsol saat menyalami salah satu pelaku UMKM sebagai tanda memberikan semangat untuk mengikuti pelatihan. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengikuti pelatihan kewirausahaan di bidang agro untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Kegiatan yang digelar Ballroom Kopitiam, Selatpanjang, Selasa (29/6) itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pengusaha pengelola UMKM, khususnya bidang agro dalam mengembangkan usaha mulai dari masalah perizinan hingga pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial.

"Jadi dengan begitu, pelaku usaha dapat eksis dan terus bertahan ditengah pandemi COVID-19, sehingga bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Meranti," kata Sekretaris Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Meranti Syahril Deli.

Dipilihnya UMKM yang bergerak di bidangagro karena usaha ini dinilai paling perkasa dan tidak terlalu terpengaruh oleh pandemi COVID-19. Dimana produk Agro merupakan salah satu kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan oleh manusia.

Ditambahkan Sekda Kepulauan Meranti Kamsol saat membuka pelatihan itu, saat ini yang menjadi masalah terberat bagi pengusaha UMKM di Meranti adalah masalah distribusi produk yang disebabkan karena kondisi Meranti yang berpulau-pulau serta sulitnya akses. Hal itu berdampak pada tingginya biaya yang membuat para pengusaha kurang bersemangat.

Namun diera teknologi dan informasi saat ini masalah tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi yang ada di smartphone.

"Dengan memanfaatkan teknologi saat ini semua produk UMKM dapat dipromosikan dan menembus pasar manapun di dunia," ujar Sekda.

Ia berharap kepada peserta untuk dapat mengikuti pelatihan kewirausahaan ini dengan serius sehingga mampu menyerap ilmu dari para narasumber.

"Semoga pelaku UMUM mendapat bekal dalam mengembangkan usaha agar tetap eksis dan berkontribusi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Meranti," harapnya.

Dapat disampaikan juga, dalam kegiatan itu hadir Konsultan Pendamping Bidang SDM Pemprov Riau Eka Putra, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ahmad Yani, para pengusaha pengelola UMKM bidang agro dan lainnya.