Aplikasi JOSS bantu UMKM pasarkan produk secara digital

id Aplikasi JOSS Meranti,Dinas Koperasi dan UKM Meranti,Plt Bupati Meranti

Aplikasi JOSS bantu UMKM pasarkan produk secara digital

Peluncuran aplikasi Jaringan Orang Sukses Selatpanjang dan Sekitarnya (JOSS) untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kepulauan Meranti di Aula Kantor Bupati, Rabu (27/9/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti meluncurkan aplikasi Jaringan Orang Sukses Selatpanjang dan Sekitarnya (JOSS) untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), guna mempermudah memasarkan produk secara digital.

Peluncuran itu dilakukan langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, Asmar bersama Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja, Selasa. Pada kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi dan edukasi terkait standarisasi dan sertifikasi produk UMKM di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Ini merupakan terobosan yang baik, dan aplikasi ini dapat membantu para pelaku usaha UMKM untuk memasarkan produknya secara digital," ujar Asmar usai peluncuran aplikasi tersebut.

Dijelaskannya, Pemkab Meranti melalui dinas terkait terus berupaya mengambil langkah-langkah serta terobosan baru membantu para pelaku UMKM memasarkan produknya.

"Untuk itu, saya berharap kepada pelaku UMKM harus melek teknologi dan harus mampu memanfaatkan peluang ini dalam upaya peningkatan closing selling-nya," sebutnya.

UMKM memiliki peran penting dalam laju ekonomi Indonesia terutama dalam penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan rumah tangga. Hal itu juga mendukung pendapatan rumah tangga dan secara tidak langsung membantu pemerintah dalam pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus mengentas kemiskinan di Kepulauan Meranti.

"Ikuti kegiatan ini dengan cermat. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua dalam rangka meningkatkan pelayanan UMKM secara digital di Kepulauan Meranti," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Tengku Arifin menyampaikan, aplikasi tersebut bertujuan mempercepat pelayanan administrasi dan memberi pelayanan prima kepada pelaku usaha untuk memenuhi standarisasi produk yang dihasilkan.

Para camat, tambahnya, diminta menjadi leading sector dalam mendorong para pelaku UMKM di wilayahnya.

"Semoga aplikasi ini menghasilkan hal yang positif, sehingga produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM bisa bersaing dengan daerah luar," harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kadis Kominfotik Febriyadi, Sekretaris Dinas Kesehatan Sardi, Sekretaris Disperindag Miftahulaid, dan Kepala Bagian Ekonomi Herlim, Camat se-Kabupaten Kepulauan Meranti serta para pelaku UMKM.