Harga minyak mentah jatuh setelah menguat minggu sebelumnya

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Harga minyak mentah jatuh setelah menguat minggu sebelumnya

rsip Foto - Sebuah tangki minyak. (ANTARA/REUTERS/Esam Omran Al-Fetori/am)

New York (ANTARA) - Harga minyak melemah pada hari Senin (Selasa WIB), setelah mengalami kenaikan pada minggu sebelumnya.

Minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus kehilangan 1,14 dolar AS menjadi menetap di 72,91 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus turun 1,5 dolar menjadi ditutup pada 74,68 dolar per barel di London ICE Futures Exchange.

Baca juga: Prospek permintaan membaik, harga minyak mentah sentuh tertinggi multi-tahun

Untuk pekan yang berakhir Jumat, harga minyak mentah AS melonjak 3,9 persen, sementara Brent naik 3,6 persen, berdasarkan kontrak bulan depan.

"Permintaan tampak sangat kuat terlepas dari pembatasan mobilitas (beberapa di antaranya telah diperketat kembali) karena COVID-19," kata Eugen Weinberg, analis energi di Commerzbank Research, dalam sebuah catatan, Senin.

Pedagang menunggu keputusan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya tentang tingkat produksi minyak mentah. Kelompok tersebut, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+, dijadwalkan mengadakan pertemuan melalui konferensi video pada 1 Juli.

Baca juga: Pengamat energi menilai pemerintah bisa naikkan harga BBM untuk antisipasi minyak dunia

Baca juga: Harga minyak mentah melonjak dipicu kekhawatiran cuaca di Teluk Meksiko


Penerjemah: Biqwanto Situmorang