Pekanbaru terima tambahan vaksin COVID-19

id Tambahan vaksin,Vaksin pekanbaru,Pekanbaru, pekanbaru today, pekanbaru hari ini

Pekanbaru terima tambahan vaksin COVID-19

Pelaksana tugas Kepala Diskes Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra. (ANTARA/HO-Humas Pemko)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru kembali menerima tambahan vaksin COVID-19 jenis Sinovacsebanyak 1.000 vialguna memenuhi animo masyarakat yang tinggi.

"Jumlah ini masih sedikit, idealnya kita harus mendapatkan 50 ribu vial lagi," kata Pelaksana tugas Kepala Diskes Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra di Pekanbaru, Rabu.

Namun demikian, dikatakan Arnaldo, sambil menunggu penambahan lagi Diskes akan memanfaatkan jumlah yang ada ini untuk distribusikan ke fasilitas kesehatan (faskes) se Pekanbaruguna disuntikkan bagi warga.

"Kuota 1.000 vial itu bisa untuk 10 ribu dosis vaksin COVID-19, kemarin sudah digunakan 490 vial," kata Arnaldo.

Saat ini masih tersedia sekitar 510 vial vaksin yang bakal didistribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan untuk melanjutkan vaksinasi terhadap warga.

Menurutnya, animo masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi cukup tinggi. Hal ini terlihat dari ramainya kunjungan masyarakat yang ingin melakukan vaksin ke tempat yang disediakan pemerintah kota.

"Dan jatuh temponya untuk vaksin ke dua hingga sampai akhir bulan, jadi saat ini masih keteteran juga memenuhi kebutuhan vaksin di Pekanbaru," katanya.

Ia berharap akan ada terus tambahan sehingga proses vaksin tidak putus.

"Rencana akan datang lagi tambahan 18.000 vial atau 180 ribu dosis lagi," ungkapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat yang datang ke faskes melaksanakan vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencegah mobilitas interaksi), harus jadi aturan yang harus diterapkan baik oleh tim media maupun masyarakat saat pelaksanaan vaksin COVID-19, kami imbau semua memperhatikan ini," tukasnya.

Baca juga: Ponsel coba diselundupkan ke Rutan Pekanbaru dibungkus makanan

Baca juga: Vokalis Steven & Coconuttreez yang lahir di Pekanbaru meninggal dunia