RSUD Meranti bakal tambah 6 dokter spesialis

id rsud meranti,dokter spesialis

RSUD Meranti bakal tambah 6 dokter spesialis

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil didampingi oleh salah seorang pegawai RSUD Meranti Yuli saat meninjau ruangan di RSUD, untuk memastikan kesiapan terkait penambahan poli beserta dokter spesialis. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Meranti bakal menambah enam dokter spesialis sebagai penunjang untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Enam dokter spesialis itu yakni, spesialis jantung, saraf, mata, THT, rehabilitasi medik, dan paru-paru. Dengan adanya penambahan itu, RSUD juga tengah mempersiapkan ruangan polinya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil menargetkan enam poli tambahan tersebut sudah dibuka pada tahun ini, paling cepat pada Agustus 2021.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa dibuka enam poli tersebut, dan dokter spesialisnya sudah bekerja di RSUD Meranti," ujar Bupati Adil, Selasa.

Dengan terwujudnyarencana ini, ia berharap dapat memudahkan masyarakat untuk berobat tanpa harus rujuk ke daerah lain. Bahkan ia mengatakan ke depan bagi masyarakat Meranti yang tidak memiliki kartu BPJS, bisa berobat cukup menggunakan KTP saja.

"Kita tergetkan tahun ini jalan, APBD-P nanti akan kita proses," kata Mantan Legislatif Provinsi Riau itu sesuai kesepakatan antara Pemkab Meranti dengan BPJS.

Baca juga: Taman RSUD Meranti dijadikan spot swafoto oleh masyarakat

Ia optimis program yang menjadi visi misinya dengan Wabup Asmar dapat berjalan tahun ini. Jadi kendala soal minimnya tenaga dokter spesialis dianggapnya sudah selesai.

"Kita telah melakukan komunikasi dengan beberapa universitas ternama di Indonesia Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Diponegoro (UNDIP). Untuk tenaga dokter spesialis sudah clear tinggal didatangkan saja," tutur dia.

Tak hanya itu, peralatan medis yang akan digunakan oleh para dokter spesialis dalam penanganan penyakit pasien juga akan segera direalisasikan.

"Untuk peralatan kita sudah menjalin kerjasama, juga tinggal didatangkan," tambahnya.

Penambahan enam poli tersebut, adalah target RSUD Meranti untuk syarat menaikkan status dari rumah sakit tipe C menjadi tipe B. Sehingga dengan begitu nantinya bukan saja mampu melayani seluruh keluhan penyakit masyarakat tapi juga akan menjadi rumah sakit rujukan di Provinsi Riau.

"Saya ingin semua keluhan penyakit masyarakat bisa ditangani di RSUD Meranti, dan ke depan dapat menjadi rumah sakit rujukan bagi semua warga Riau dan daerah lainnya," harap Bupati.

Sebelumnya Bupati Adil melakukan rapat koordinasi dengan jajaran dokter di RSUD Meranti, Senin kemarin. Turut dihadiri oleh Sekda Kamsol dan Kabag Hukum Sudandri, Kabag Prokopim Rudi.

Seperti diketahui saat ini RSUD Meranti sudah memiliki enampoli yakni poli kandungan, bedah umum, penyakit dalam, anak, dan labor.

Baca juga: Enggan terima jaspel Rp30 juta, Plt Direktur RSUD Meranti alihkan untuk operasional jajaran

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar