Langgar prokes, warga Bengkalis di-swab antigen Satgas

id pemkab bengkalis,polres bengkalis, bengkalis,covid bengkalis

Langgar prokes, warga Bengkalis  di-swab antigen Satgas

Sejumlah warga yang terjaring dan melanggar prokes di Kecamatan Mandau langsung di tes swab antigen oleh tim penegakkan prokes kesetan Kabupaten Bengkalis.(ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Sejumlah warga Kecamatan Mandau yang terjaring dalam penegakan protokol kesehatan (prokes) kesehatan oleh TIm Satgas COVID-19 Kabupaten Bengkalis langsung dilakukan tes swab antigen oleh petugas kesehatan.

"Saat pelaksanaan kegiatan pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan di depan kantor Camat Mandau, terjaring 20 warga tidak mengenakan masker. Selanjutnya dilakukan tes swab antigen,” ungkap Kepala Polres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Rabu (26/5).

Diterangkan Ketua III Bidang Penindakan Hukum Tim Penerapan Displin dan Penegakan Hukum ini, protokol kesehatan merupakan upaya pencegahan COVID-19 Kabupaten Bengkalis, dari hasil tes swab antigen pada kesempatan itu adalah negatif.

Sebelumnya pada malam hari, tim juga telah melakukan patroli di sejumlah tempat keramaian. Setiap warga yang melanggar protokol kesehatan dikenai sanksi berupa seperti menyanyikan lagu nasional, melafalkan teks Pancasila dan hukuman push up.

Pemberlakuan terhadap pelanggarprotokol kesehatan yang langsung dilakukan tes swab antigen yang bertujuan untuk mengetahui apakah warga yang merasa sehat, namun ternyata sebagai salah satu pembawa (carrier) COVID-19, sehingga sangat membahayakan dirinya dan keluarga.

Kapolres Bengkalis mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama bergandeng tangan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Mengingat wabah ini tidak bisa dipandang sepele. Caranya, dengan selalu mematuhi protokol kesehatan,s seperti menghindari kerumunan, memakai masker bila keluar rumah, selalu mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selain itu, untuk memantau para pengunjung tempat wisata yang ada di sejumlah kecamatan pada hari libur, Tim Satgas Penanganan COVID-19 juga bergerak melakukan patroli. Upaya yang dilakukan, berupa himbauan kepada pengunjung untuk selalu mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan COVID-19.

“Tim mendatangi tempat-tempat wisata yang ada di kecamatan. Tim terus mengingatkan warga untuk tidak melakukan kerumunan dan tetap memakai masker,” ujar Hendra Gunawan.

Baca juga: Tim satgas Bengkalis gelar operasi penegakkan prokes COVID-19

Baca juga: Bupati Bengkalis minta Pertamina Hulu Rokan prioritaskan anak tempatan