Elektabilitas Ganjar Pranowo terus melaju, di atas Prabowo dan RK

id Survei, Y-Publica, Elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto

Elektabilitas Ganjar Pranowo terus melaju, di atas Prabowo dan RK

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyerahkan lukisan karya Djoko Susilo kepada Megawati Soekarnoputri. (ANTARA/HO-Tangkapan layar Instagram @djokosusilo_painting)

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei yang dilakukan oleh Y-Publica menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menembus 20,2 persen untuk pertama kalinya sejak survei Maret 2020.

"Elektabilitas Ganjar terus melaju hingga berhasil tembus 20,2 persen," kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu.

Elektabilitas Ganjar pada survei kali ini melampaui Prabowo Subianto yang selama ini unggul di puncak elektabilitas. Elektabilitas Prabowo sebesar 16,7 persen dan dibayangi oleh Ridwan Kamil sebesar 15,9 persen.

Sementara itu, Puan Maharani turun elektabilitasnya di bawah 1 persen, yaitu 0,7 persen.

Menurut Rudi, hal menarik jika melihat pernyataaan elite PDIP lainnya belakangan ini yang terkesan menyindir Ganjar.

Ganjar dinilai terlalu berambisi menjadi calon presiden dengan lebih banyak tampil di media sosial dibandingkan bekerja di lapangan.

Pada kenyataannya, kata dia, posisi kepala daerah memang cenderung semakin strategis, khususnya sejak pandemi COVID-19 melanda.

Tidak hanya Ganjar, tetapi juga Ridwan Kamil dan Anies Baswedan turut melambung elektabilitasnya, yang notabene sama-sama kepala daerah.

Selain itu ada pula mantan walikota Surabaya Tri Rismaharini yang kini menjabat Mensos serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Di sisi lain, kata Rudi, Puan yang digadang-gadang sebagai penerus dalam regenerasi internal PDIP tak pernah beranjak dari posisi papan bawah.

"Posisi empat besar capres masih dikuasai oleh Ganjar, Prabowo, RK, dan Anies," kata Rudi.

Ganjar dan RK cenderung terus meningkat elektabilitasnya, sementara Prabowo mulai stabil dan Anies cenderung menurun.

Jika melihat tren dalam setahun terakhir, Rudi menambahkan Ganjar dan RK berpeluang menjadi pesaing kuat Prabowo. Pernyataan sejumlah elite Gerindra mengarah pada pencapresan kembali Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang.

Survei Y-Publica dilakukan pada 1-10 Mei 2021 terhadap 1200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Survei dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error ±2,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: Gubernur Gorontalo belajar ke Ganjar Pranowo, soal apa itu?

Berikut adalah elektabiltias capres:

Ganjar Pranowo 20,2 persen

Prabowo Subianto 16,7 persen

Ridwan Kamil 15,9 persen

Anies Baswedan 7,6 persen

Sandiaga Uno 7,3 persen

Tri Rismaharini 5,0 persen

Erick Thohir 4,1 persen

Agus Harimurti Yudohoyono 3,2 persen

Khofifah Indar Parawansa 2,4 persen

Giring Ganesha 2,1 persen

Mahfud MD 1,0 persen

Puan Maharani 0,7 persen

Airlangga Hartarto 0,5 persen

Susi Pudjiastuti 0,4 persen

Moeldoko 0,3 persen

Lainnya 0,8 persen

Tidak tahu/tidak jawab 11,8 persen