Wapres Ma'ruf Amin sebut Pemerintah berkomitmen menyejahterakan Papua dan Papua Barat

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Wapres

Wapres Ma'ruf Amin sebut Pemerintah berkomitmen menyejahterakan Papua dan Papua Barat

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat, setidaknya menjadi sejajar dengan kemakmuran daerah lain.

Wapres Ma’ruf Amin mengemukakan hal itu saat melantik 1.000 orang Papua dan kelompok penyandang disabilitas sebagai karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin gelar acara halal bihalal virtual dengan jajaran Setwapres dan media

"Saya ingin menekankan kembali bahwa Pemerintah tetap teguh memegang dan melaksanakan komitmen untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan Tanah Papua sejajar dengan daerah lainnya," kata Wapres Ma’ruf di Jakarta, Selasa.

Komitmen tersebut, lanjut Wapres, tidak akan bisa terlaksana jika tanpa mendapat dukungan dari berbagai elemen bangsa, khususnya dari masyarakat Papua dan Papua Barat.

Oleh karena itu, Ma’ruf Amin berharap dan mengajak semua elemen bangsa bersama-sama memberikan dukungan terbaik dan menjaga suasana yang kondusif agar program percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat dapat secepatnya terlaksana.

Kebijakan afirmasi terbaru bagi Tanah Papua, menurut Wapres, dilakukan dengan penetapan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat serta Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Wapres juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang melakukan perekrutan khusus kepada masyarakat Papua dan Papua Barat.

Wapres Ma’ruf Amin melantik 1.000 orang Papua dan kelompok penyandang disabilitas sebagai karyawan. Ini merupakan perwujudan komitmen Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan Papua dan Papua Barat.

Menteri BUMN Erick Thohir juga turut hadir dalam acara inaugurasi di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin rayakan Idul Fitri dengan sederhana

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin sebut produk halal inklusif untuk semua kalangan


Pewarta: Fransiska Ninditya