Jatim Segera Buka Perwakilan Dagang Di Riau

id jatim segera, buka perwakilan, dagang di riau

Jatim Segera Buka Perwakilan Dagang Di Riau

Pekanbaru, (antarariau) - Jawa Timur (Jatim) akan membuka kantor perwakilan dagang di Riau untuk memberikan informasi investasi dan potensi produksi serta ekonomi daerah tersebut.

"Tahun 2012 ini kami menargetkan membuka kantor perwakilan dagang yang tersebar di 14 provinsi tanah air termasuk salah satunya di Riau," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Budi Setiawan, di Pekanbaru, Selasa.

Pada tahun 2011, kata dia usai mengisi acara "businees to businees" bertajuk akselarasi perdagangn antar pulau antar Jawa Timur dan Riau, Pemprov Jatim telah membuka kantor perwakilan dagang yang tersebar pada 10 provinsi di Indonesia.

Program tersebut merupakan upaya untuk mengamankan perdagangan domestik yang nilainya triliunan rupiah dari serbuan produk luar negeri, sebab jika tidak dilakukan maka perekonomian dalam negeri akan tergilas oleh pengusaha luar negeri.

"Kadin Jatim akan digandeng untuk membuka kantor perwakilan itu, mudah-mudahan dengan langkah tersebut iklim investasi bisa lebih intensif karena Riau sangat potensial bagi pemasaran maupun investasi," ujarnya.

Kadisperindag Riau, Eddy Kusdarwanto, berharap dengan pelaksanaan program itu dapat meningkatkan perekonomian di Riau yang berimplikasi pada peningkatan pendapatan asli daerah Riau.

Melalui peningkatan tersebut maka akan dapat membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan termasuk peningkatan kesejahteraan bagi warga di Riau.

"Pembangunan cluster sawit di Dumai dan Kuala Enok sangat membutuhkan investasi yang cukup besar mencapai Rp30-an triliun, diharapkan dengan pertemuan ini dapat membuka peluang investasi," katanya.

Ketua Kadin Riau, Juni Ardianto Rachman, memuji program kerja yang dilaksanakan Kadin Jatim yang sejalan dengan program pemprov, sembari berharap ke depan Riau perlu mencontohnya.