Bank Indonesia Perwakilan Riau Mulai Buka Penukaran Uang Pecahan Baru

id bank indonesia, perwakilan riau, mulai buka, penukaran uang, pecahan baru

Bank Indonesia Perwakilan Riau Mulai Buka Penukaran Uang Pecahan Baru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Riau, mulai membuka penukaran uang pecahan baru untuk berbagai nominal bagi masyarakat yang membutuhkan menyambut Idul Fitri 1437 Hiriah.

"Hari ini tanggal 13-30 Juni kantor BI Jalan Sudirman mulai melayani penukaran uang pecahan baru bagi masyarakat umum," Kepala Kantor BI Perwakilan Provinsi Riau, Ismet Inono, di Pekanbaru, Senin.

Ismet menerangkan pecahan yang disediakan nominal Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000. Sementara untuk pecahan Rp1.000 tidak tersedia uang baru.

Ismet, menjelaskan ada enam bank umum ditambah BI yang akan buka meja penukaran diantaranya, BI, bank Riau Kepri Syariah, Mestika, BOB, Citras, BTN, BHI

"Kami melayani mulai Senin- Kamis setiap pukul 09.00-14.00 WIB,"terangnya.

Menurut ismet penukaran uang pecahan baru akan dibuka selama 12 hari kedepan. Waktu ini dirasa cukup untuk mengakomodir permintaan masyarakat khusus dalam kota.

Sementara bagi yang di daerah pihaknya juga menggelar dibeberapa kabupaten.

"Tidak hanya di Pekanbaru Minggu lalu sudah kami lakukan di Tembilahan, pekan ini akan ada di Dumai kami akan lihat animonya jika perlu akan ada dikabupaten lain," katanya merinci.

Untuk itu, sambung Ismet, warga diminta tidak perlu berebut, antri bahkan kuatir. Karena BI sudah menyediakan uang yang cukup untuk ditukar.

"Tahun ini ada Rp5,2 trilun uang baru yang disiapkan BI menyambut kebutuhan Idul Fitri," tambahnya.

Ia juga menghimbaukan agar masyarakat jangan menukar uang ini diluar perbankan. Apalagi lewat pedagang uang. Karena belum tentu itu uangnya asli atau palsu.

"Dari pada tukar diluar bagus di kantor BI," tambahnya.

Ismet juga menambahkan pihaknya bekerjasama dengan semua bank umum dan syariah telah mempersiapkan uang disemua Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Ia bahkan menjamin ketersediaan dana pada semua ATM yang ada disudut Kota Pekanbaru dan kabupaten se-Riau.

"Lebih 1.800 ATM se- Riau akan penuh dengan uang," katanya mengakhiri.

Ditempat yang sama ketua BMPD, Provinsi Riau, Edison, menyambut baik upaya BI menyatukan proses pelayanan penukaran uang pecahan ini.

"Saya berterimakasih atas dukungan BI semoga berlanjut tiap tahun," katanya singkat.

Pantauan antara dilapangan hari pertama penukaran uang pecahan, ratusan masyarakat dari semua kalangan, termasuk PNS antri menukarkan uang di meja pelayanan yang disediakan. BI. Dalam hal ini menyediakan tenda khusus yang nyaman dan aman bagi warga dihalaman kantor.

***3***