Gaun pernikahan Mendiang Putri Diana akan dipamerkan di Istana Kensington

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Putri Diana

Gaun pernikahan Mendiang Putri Diana akan dipamerkan di Istana Kensington

Gaun pernikahan Putri Diana pada tahun 1981 (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Untuk pertama kalinya dalam 25 tahun, gaun pernikahan mendiang Putri Diana akan dipajang di Istana Kensington.

Gaun putih yang dikenakan di pernikahannya pada tahun 1981 karya desainer David dan Elizabeth Emanuel ini, memiliki tempat khusus diingatan publik.

Baca juga: Pentas musikal Putri Diana akan tayang di Netflix sebelum Broadway

"Gaun tersebut, yang dipinjam dari HRH Duke of Cambridge dan HRH Duke of Sussex, sekarang menjadi salah satu yang paling terkenal dalam sejarah pengantin, dan menampilkan korset yang dilapis di tengah baik depan maupun belakang dengan panel dari renda Carrickmacross antik yang awalnya milik Ratu Mary, nenek buyut pengantin pria," ujar isi pernyataan Historic Royal Palace dilansir Indian Express.

Gaun ini memiliki potongan leher yang rendah sehingga memperlihatkan garis lehernya dan pada bagian lengan yang menggelembung dipadukan dengan kerutan taffeta. Bentuk rok dari gaun ini juga menjadi salah satu yang dipopulerkan oleh Putri Diana pada awal 1980-an.

Selain gaun pengantin, pameran ini juga akan menampilkan gaun dari Ibu Suri Elizabeth atau ibu dari Ratu Elizabeth II saat penobatan sang suami Raja George VI pada tahun 1937.

Kedua gaun ini disebut sebagai benda yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya dan menjadi arsip kerajaan yang paling terkenal di abad ke-20. Pameran ini juga akan menunjukkan kemahiran penjahit dan gaya yang dibuat untuk tiga generasi wanita kerajaan.

Sebuah laporan di Sky News menyatakan gaun itu akan ditampilkan bersama dengan kereta 25 kaki yang bertatahkan payet. Matthew Storey, kurator pameran di Historic Royal Palace mengatakan bahwa gaun tersebut akan menyoroti beberapa bakat terbesar dari desain Inggris yang karyanya telah berperan dalam membentuk identitas visual.

Pameran ini akan berlangsung mulai 3 Juni 2021 hingga 2 Januari 2022.

Baca juga: BBC akan selidiki perihal wawancara dengan mendiang Puteri Diana

Baca juga: Film dokumenter Putri Diana akan tayang di bioskop pada 2022


Pewarta: Maria Cicilia

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar