Riau perlu dukungan nyata pemerintah pusat atasi abrasi pulau terluar

id abrasi,pulau terluar riau,gubernur riau

Riau perlu dukungan nyata pemerintah pusat atasi abrasi pulau terluar

Batu Pemecah Gelombang Laksamana Raja di Laut di Pantai Wisata Raja Kecik Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau menyatakan daerahnya butuh dukungan nyata dari pemerintah pusat untuk mengatasi abrasi di tiga pulau terluar, yakni Pulau Rupat, Pulau Rangsang dan Bengkalis yang panjang abrasi sudah mencapai 137 kilometer.

Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru, Rabu, mengatakan sangat berharap pemerintah pusat untuk dapat menambah bantuan penanganan abrasi di pulau terluar tersebut. Sebabnya, saat ini bantuan yang didapat hanya untuk penanganan abrasi sepanjang satu kilometer dalam setahun.

"Kalau abrasinya 137 kilometer, kapan akan selesai penanganan abrasinya. Kami khawatir nantinya pulau ini akan hilang, kemudian juga bisa mempengaruhi perbatasan antar negara," kata Syamsuar.

Ia menjelaskan dulunya abrasi tidak termasuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Ini seakan pemerintah pusat tidak mengetahui bahwa di Riau ada pulau terluar yang setiap tahunnya terjadi abrasi.

Syamsuar mengatakan pihaknya berusaha mendorong agar masalah tersebut menjadi perhatian bersama, dan akhirnya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mendukung masalah abrasi masuk dalam RPJMN.

Hanya saja, ia mengatakan dukungan dari pemerintah pusat dinilainya masih minim.

"Namun, progres dari pada dukungan pemerintah pusat untuk menyelesaikan masalah abrasi ini, masih minim," ucapnya.

Padahal, akibat abrasi tersebut sudah banyak kebun bahkan rumah milik masyarakat yang hilang. Abrasi yang makin parah juga mengancam kedaulatan Indonesia karena tiga pulau terluar tersebut langsung berhadapan dengan negeri Jiran Malaysia di Selat Malaka.

Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat berlokasi di Kabupaten Bengkalis, sedangkan Pulau Rangsang berada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Jadi sewaktu ada gelombang besar, dihantamnya tiga pulau terluar itu. Dan tiga pulau terluar ini sebagian besarnya adalah tanah gambut, jadi kalau musim gelombang sangat cepat sekali abrasinya," ujarnya.

Baca juga: Mangrove salah satu solusi atasi abrasi pantai di Bengkalis

Baca juga: Cegah erosi dan abrasi, Pertamina RU VII dan mitra tanam 5.000 pohon bakau