BRI sukses hantarkan Desa Kuala Alam Bengkalis jadi duta Desa BRILian

id Kuala alam,bri, bri riau, bri kanwil pekanbaru

BRI sukses hantarkan Desa Kuala Alam Bengkalis jadi duta Desa BRILian

Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan BRI Kanwil Pekanbaru. (ANTARA/HO-BRI)

Pekanbaru (ANTARA) - Desa Kuala Alam Bengkalis terpilih menjadi salah satu dari 10 desa sebagai pemenang Program Desa BRILian 2020 dengan berhasil menyingkirkan 531 desa di Indonesia.

"Desa Kuala Alam dan BUMDes Kuala ALam ini berhasil menjadi yang terbaik karena adanya kolaborasi yang baik antara aparat desa, pengurus BUMDes dan BRI," kata Senior Manager Kanwil BRI Pekanbaru, Ria Firiany Dewi Z di Pekanbaru, Sabtu.

Dengan peraihan itu, kesepuluh desa terpilih termasuk Desa Kuala Alam akan mendapat pendampingan khusus dari BRI bekerjasama dengan Bumdes.id selama tiga bulan. Desa tersebut juga akan menjadi Duta Desa BRILian untuk Program Desa BRILian 2021.

Secara geografis, Desa Kuala Alam terletak di pinggir laut dengan tekstur tanah berupa tanah gambut, namun berkat kerjasama apik antara aparat desa, Pengurus BUMDes dan BRI, desa ini berhasil menciptakan peluang bisnis, produk unggulan desa serta berhasil membangkitkan ekonomi masyarakat desanya dengan produk-produk bernilai ekonomis.

"Saat ini Desa Kuala Alam dan BUMDes Kuala ALam juga sudah menjalin kerjasama dengan BUMN, instansi pemerintahan, lembaga pendidikan dan organisasi lain," katanya.

Upaya yang dilakukan BRI Kanwil Pekanbaru ini jelas tidak terlepas dari program pemerintah pusat, guna pemulihan ekonomi desa, salah satunya dengan Program BRILian.

Desa adalah bentuk struktur pemerintahan terkecil di Indonesia dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah yang mayoritas penduduknya masih bergantung pada alam, masih memegang teguh adat istiadat, menjaga silaturrahmi serta ada pertalian perasaan yang sama.

"Salah satu bentuk perhatian BRI terhadap desa adalah dengan adanya Program Desa Brilian dan Local Heroes," ungkap wanita yang terkenal ramah tersebut.

Program Desa Brilian diyakini BRI mampu menggali potensi masyarakat. Karenanya,Program Desa Brilian ini difokuskan kepada desa yang mempunyai empat aspek yaitu BUMDes, digitalisasi, inovasi dan sustainability atau desa yang tangguh.

Sehingga tidak sia-sia tahun 2020 program Desa Brilian diikuti 125 desa terpilih dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini menghasilkan 10 desa terbaik, salah satunya adalah Desa Kuala Alam yang berada di Kabupaten Bengkalis dan merupakan wilayah kerja BRI Kantor Cabang Bengkalis.

Sedangkan untuk Program Local Heroes, yang tidak kalah hebatnya juga ditularkan BRI untuk pelaku-pelaku desa yang memiliki jiwa entrepreneur.

Baca juga: Pandemi bukan penghalang BRI Pekanbaru pacu kualitas UMKM

Karena local Heroes adalah program yang dibuat untuk mencari tokoh lokal di desa yang mempunyai inisiatif pemberdayaan yang tulus kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa tersebut.

"Tahun 2020 Kanwil BRI Pekanbaru mempunyai 15 Local Heroes yang berasal dari desa -desa di wilayah kerja Kanwil BRI Pekanbaru yaitu Riau dan Kepri. Merekamempunyai peranan sangat penting dalam membangun ekonomi masyarakat dan desa di daerah tempat tinggalnya," katanya lagi.

Local Heroes ini diharapkan juga dapat berkolaborasi dengan baik dengan pekerja BRI atau Insan Brilian dan bisa menjadi perpanjangan tangan BRI dalam rangka memberikan pengetahuan tentang perbankan dan hal lain sebagainya.

"Program -program ini akan terus berjalan dan akan terus disempurnakan demi terwujud nya ekonomi masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera terutama masyarakat di desa -desa," tutupRia Firiany.

Baca juga: Bank BRI Kanwil Pekanbaru berbagi kasih di tengah pandemi

Baca juga: Dinamai "Local Heroes" BRI bentuk figur entrepreneur


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar