Bupati Siak sampaikan capaian dan tantangan pendidikan kepada Tanoto Foundation

id tanoto, siak, bupati siak, pendidikan siak

Bupati Siak sampaikan capaian dan tantangan pendidikan kepada Tanoto Foundation

Bupati Siak ketika berdiskusi bersama Tanoto Foundation. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri memaparkan capaian dan tantangan pendidikan di daerahnya dan bagaimana menghadapinya kepada Lembaga Filantropi Tanoto Foundation dalam kegiatan diskusi seputar pendidikan melalui rapat virtual.

Bupati menyatakan komitmen pemerintah kabupaten di bidang pendidikan sudah tak bisa ditawar-tawar. Inovasi dan pembaruan bidang pendidikan, kata Alfedri,

"Sudah seharusnya dilakukan dengan komitmen yang kuat. Kita pemerintah sangat menyadari, bahwa pendidikan saat ini mesti sesuai dengan perkembangan zaman. Namun tak boleh menyingkirkan kualitas," ucap Alfedri, Jumat.

Meski masih terdapat sejumlah PR, namun Alfedri optimis pendidikan Siak ke depannya semakin membaik. Seperti pihaknya juga sedang menyiapkan pengadaan internet di setiap sekolah.

"Upaya-upaya kita untuk pendidikan selalu kita lakukan, kerjasama dengan Tonoto Foundation ini salah satunya. Hasilnya, waktu belajar daring kemaren kita melakukan inovasi dengan membuat portal pendidikan dan belajar lewat Youtube," jelasnya.

Alfedri menambahkan, Pemda juga fokus memberikan pendidikan bagi masyarakat yang putus sekolah dan beasiswa bagi yang kurang mampu.Seperti sekolah paket yang nantinya akan menyasar desa-desa, tidak hanya di kecamatan saja.

"Termasuk beasiswa untuk kuliah bagi yang kurang mampu dan pendidikan bagi tenaga pengajar Pendidikan anak usia dini yang belum sarjana dan ini kita sudah jalin bekerjasama dengan Universitas Lancang Kuning," ungkap Alfedri.

Provincial Tanoto Foundation, Dendi Satria Buanamenilai Pemkab Siak mempunyai komitmen tinggi dalam masalah pendidikan.Dendi menyebut, Pemkab Siak telah melakukan desiminasi program Pintar.

Tercatat hingga saat ini sudah 28 sekolah di Siak yang menjadi mitra Tanoto Foundation. Sekolah tersebut adalah tingkat SD/MI dan tingkat SMP/MTS. "Melalui Disdik, Pemkab Siak selalu melakukan perluasan program, ini salah buktinya Siak punya komitmen," katanya.

Dendi menambahkan, selain perluasan praktek program, Pemkab Siak juga menyokong bidang pendidikan dengan anggaran yang sesuai. "Jadi Pemkab sangat serius soal peningkatan kualitas pendidikan ini. Kami sangat mengapresiasi," ujar Dendi.

Baca juga: Pelajar Siak unjuk karya Program PINTAR Tanoto Foundation Provinsi Riau

Baca juga: Penting, guru terus dorong siswa gali informasi


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar