Puluhan orang di Rohul divaksin COVID-19

id vaksin, rohul, rokan hulu

Puluhan orang di Rohul divaksin COVID-19

Proses vaksinasi di Petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu. (ANTARA/Hendra A)

Pendalian IV Koto (ANTARA) - Petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Pendalian IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, kembali melakukan vaksinasi terhadap puluhan orang pelayan publik aktif di wilayah kecamatan setempat.

"Penyuntikan vaksin sinovac COVID-19 tahap ke II dosis pertama ini diberikan terhadap 30 orang pejabat negara yang bertugas di lima wilayah desa di kecamatan ini. Jumlahnya sama dengan tahap I sebelumnya," kata Kepala Puskesmas Pendalian IV Koto Wana Irwana di Pendalian IV Koto, Selasa.

Dijelaskannya, pelayanan vaksinasi di wilayah kerjanya sudah diawali sejak awal bulan Februari lalu, dan pelayanannya dibuka pada Senin-Selasa setiap minggunya. Selain puluhan petugas pelayanan publik, juga terdapat tiga peserta jemaah haji lanjut usia (lansia) yang disuntikkan vaksin oleh tenaga kesehatan Puskemas di Posko Faskes.

Cepatnya realisasi program vaksin dinilai tergantung pada kesiapan layanan kesehatan masyarakat. Vaksin sinovac membutuhkan dua dosis yang disuntikkan dalam interval 14 hari, dan bagi lansia interval 28 hari atau 4 pekan.

Kapus juga mengapresiasi masyarakat Pendalian IV Koto dengan perubahan perilaku yang antusias ingin divaksin. Dengan kepercayaan penduduk setempat yang ingin disuntik membuat stok dosis sinovac menjadi berkurang, diperlukan dosis tambahan untuk memenuhi kuota masyarakat nantinya.