Waka DPRD Riau desak Pemko Pekanbaru berikan solusi jangka panjang atasi banjir

id Banjir,banjir riau, banjir pekanbaru

Waka DPRD Riau desak Pemko Pekanbaru berikan solusi jangka panjang atasi banjir

Waka DPRD Riau Agung Nugroho meninjau langsung lokasi banjir. (ANTARA/Diana Syafni).

Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho meninjau langsung musibah banjir yang di alami warga di Perumahan Pesona Harapan Indah, Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Senin.

Agung mengakumendapat laporan dari masyarakat yang rumahnya terendam banjir hampir mencapai 1,5 meter akibat hujan deras. Sehingga ia memutuskan untuk melihat kondisi tersebut. Saat di lokasi, dia langsung menghubungi Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Kepala BPBD Provinsi, Kepala BPBDKota dan Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru.

"Saya tadi dihubungi langsung oleh masyarakat. Kondisi banjir ini sangat memprihatinkan. Apalagi menyaksikan warga harus mengangkut barang-barang dari rumah mereka," ucap Agung.

Agung meminta agar organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk segera memberikan bantuan dan mendirikan posko pengungsian lengkap dengan fasilitas dapur umum.

"Saya minta, paling lambat malam ini harus sudah ada tenda pengungsian lengkap dengan fasilitas dapur umum. Karena warga cukup kesulitan mendapat makanan. Dan Alhamdulillah permintaan saya langsung di penuhi oleh bapak bapak Kadis yang bertanggungjawab pada bidangnya," ucap Ketua DPD Demokrat Pekanbaru itu.

Dia menambahkan, khusus penanganan banjir di Kota Pekanbaru, pihaknya sudah rapat bersama Gubernur dan juga Pemko Pekanbaru.

"Besok, saya akan memanggil Dinas PU Provinsi dan juga Dinas PU Kota. Saya mau minta, untuk penanganan jangka pendek agar seluruh sungai/kali diupayakan dilalukan pengerukan. Untuk jangka panjang, kita ingin master plan drainase yang dimiliki Pemko Pekanbaru segera dieksekusi, bagaimanapun caranya," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Riau Zul Efendi mengatakan banjir yang terjadi di Kota Pekanbaru merupakan kewenangan dari Dinsos Pekanbaru.

"Karena ini wilayah kota, maka kewenangannya ada Dinsos Kota. Tapi kita sudah sounding-kan agar segera disalurkan bantuan dan fasilitas kesehatan. Sebagian warga juga sudah dievakuasi," ucapnya.

Baca juga: Puluhan rumah di Tangkerang Labuai kebanjiran, warga minta Sungai Sail dikeruk

Baca juga: Pekanbaru kebanjiran

Baca juga: Kepala DLH : Banjir di Bangkinang bukan karena sampah