Jadwal pelantikan Kepala Daerah Dumai terpilih belum pasti

id Sekda Dumai, Walikota Dumai, Pilkada Dumai,Pilkada kita dumai, buoati Jonli

Jadwal pelantikan Kepala Daerah Dumai terpilih belum pasti

Kepala daerah Dumai terpilih Paisal Amris. (ANTARA/

Dumai (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Dumai Herdi Salioso belum dapat memastikan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih Paisal-Amris dari semula pada 17 Februari 2021, namun Penjabat Walikota Jonli sudah berkoordinasi ke Gubernur Riau.

Pj Walikota Jonli sebagai pejabat pelaksana pelantikan walikota dan wakil walikota terpilih sudah menyusun persiapan kegiatan pelantikan, termasuk berkoordinasi dengan Paisal-Amris.

"Belum dapat dipastikan jadwalnya, dan penjabat walikota berangkat ke Pekanbaru untuk memastikan agenda pelantikan ini ke pemerintah provinsi," kata Sekda Herdi, Senin.

Ditambahkan, rencana awal agenda pelantikan pada 17 Februari 2021 ini sesuai dengan berakhir masa jabatan walikota dan wakil walikota Dumai periode 2016 - 2021.

Meski belum pasti jadwal pelantikan, namun kesiapan sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Dumai dengan kepanitiaan di bawah koordinasi Pj Walikota Jonli, baik soal teknis pelantikan apakah virtual dan sisi keamanan.

"Pj walikota sudah berkomunikasi dengan walikota dan wakil walikota terpilih, petugas protokoler juga menyiapkan agenda pelantikan, dan Kapolres Dumai siap pengamanan dan mengawal," sebut Herdi.

Sementara, Ketua Tim Relawan Paisal-Amris, Khairul Kamal juga memastikan jadwal pelantikan diundur dari semula 17 Februari 2021, karena informasi diterima masih menunggu penyelesaian sengketa Pilkada kabupaten kota yang masuk ke Mahkamah Agung (MK).

"Sudah pasti mundur karena menunggu putusan sengketa Pilkada kabupaten kota lain yang diproses MK. Jadwalnya antara tanggal 19 atau 26 Februari 2021," kata Khairul.

Pj Walikota Dumai Jonli kepada wartawan menyatakan bahwa kegiatan pelantikan dilakukan secara virtual maupun dilantik langsung oleh Gubernur Riau di Pekanbaru, dengan tetap memperhatikan pencegahan penularan di tengah kondisi pandemi COVID-19.

"Pelantikan kepala daerah terpilih diwacanakan secara virtual di daerah masing masing. Namun tetap masih menunggu informasi dari Kemendagri," kata Jonli baru ini.

Baca juga: KPU Dumai pastikan nihil gugatan hasil Pilkada

Baca juga: Puskesmas Dumai pilih 10 TPS Pilkada terbaik terapkan Prokes