Pertama kali, Hari jadi Kampar dengan penerapan Prokes sangat ketat

id Hari jadi kampar, kampar, bupati catur

Pertama kali, Hari jadi Kampar dengan penerapan Prokes sangat ketat

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat rapat paripurna Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-71, Sabtu (6/2/2021). (ANTARA/HO-Kampar)

Bangkinang (ANTARA) - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam sambutannya pada sidang Paripurna Hari Jadi Kabupaten Kamparke-71 di Gedung DPRD Kabupaten Kampar, Sabtu (6/2), mengatakan peringatan Hari Jadi Kabupaten Kampar di hari ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bupati Kampar merasakan suasana berbeda karena untuk pertama kali perayaan Hari Jadi berlangsung dalam masa pandemi dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) yang sangat ketat.

"Selain itu, kita juga harus mengikuti sidang istimewa ini secara virtual," katanya.

Sebelumnya Bupati Kampar menjelaskan dewasa ini kita menghadapi masa-masa sulit dalam kehidupan ketatanegaraan sejak Maret 2020 hingga sekarang.

“Tidak seorang pun dapat memprediksi kapan wabah ini akan berakhir, COVID-19 tidak saja menelan korban meninggalnya anak-anak kita, keluarga kita, sahabat, tetangga dan masyarakat kita, Akan tetapi sekaligus mengganggu proses belajar mengajar serta melemahkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan kita," katanya haru.

Dalam upaya mencegah dan menanggulangi COVID-19, Pemerintah Pusat telah menerbitkan regulasi agar Pemerintah Daerah melakukan Refocusing dan realokasi anggaran APBD Tahun 2020, serta melahirkan kebijakan transfer ke daerah dana desa (TKDD) melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 35/PMK.07/2020 yang mengakibatkan pemotongan dana bagi hasil Kabupaten Kampar di kisaran hampir Rp500 miliar serta menginstruksikan daerah-daerah agar melakukan penyesuaian APBD dalam rangka menampung kebutuhan penanganan dan pencegahan wabah itu.

Bupati Kampar juga mengajak seluruh yang hadir untuk selalu berdoa agar Corona segera berakhir. “Di Hari Jadi yang bersejarah ini saya sekaligus mengajak kita semua memanjatkan doa kepada Allah Swt, semoga COVID-19 segera berakhir di bumi Indonesia dan kita diberikan perlindungan sehingga diberikan sehingga terhindar dari COVID-19," pinta Catur.