Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Farmasi Riau jadi fasilitator Semangatkan Desa BBPOM di Kampar

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,BBPOM

Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Farmasi Riau jadi fasilitator Semangatkan Desa BBPOM di Kampar

Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Farmasi Riau sebagai fasilitator semangatkan desa BBPOM di Pekanbaru di Kampar (ANTARA/HO-BBPOM)

Pekanbaru (ANTARA) - Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Farmasi Riau ( STIFAR) bertindak sebagai fasilitator Semangatkan Desa BBPOM di Pekanbaru melaksanakan sosialisasi keamanan obat dan makanan serta pendampingan UMKM di dua kecamatan di Kabupaten Kampar.

Bertempat di Aula Kantor Camat Perhentian Raja dan kantor Camat Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Farmasi Riau (STIFAR) sebagai fasilitator Semangatkan Desa BBPOM di Pekanbaru dengan didampingi petugas BBPOM d Pekanbaru melaksanakan Sosialisasi Keamanan Obat dan Makanan dan Pendampingan UMKM kepada UMKM dan Masyarakat di dua kecamatan tersebut.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hari kamis 25 Juli 2024 pada pagi hari di Kecamatan Perhentian Raja dan siang hari d Kecamatan Kampar Kiri Hilir. Materi yang di sampaikan Fasilitator Semangatkan Desa BBPOM di Pekanbaru pada saat sosialisasi tersebut adalah tentang Keamanan Pangan, Persyaratan dan Tata cara untuk Mendapatkan Izin Edar Produk Pangan serta Bersama Mencegah Resistensi Antimikroba.

Peserta yang hadir sangat antusias menanggapi kegiatan sosialisasi tersebut terlihat dari banyaknya yang mengajukan pertanyaan terutama terkait persyaratan untuk mendapatkan izin edar. Semoga dengan dilaksanakannya sosialisasi oleh Fasilitator Semangatkan Desa BBPOM d Pekanbaru semakin banyak Masyarakat desa yang terpapar tentang keamanan obat dan makanan serta UMKM nya dapat meningkatkan daya saing produknya dengan bisa memperoleh izin edar dan perekonomian warga desa menjadi lebih meningkat.

Sebelum kegiatan sosialisasi ditutup di Kecamatan Perhentian Raja, Camat Perhentian Raja menyerahkan Sertifikat Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) kepada dua pemilik usaha UMKM yang ada di Desa Hangtuah yaitu Dwi Lidyawati pemilik usaha Abone Dewe danSarbiyanta pemilik usaha Bakpia Anya.Dengan didapatkannya Sertifikat CPPOB tersebut pemilik usaha dapat mengajukan produknya untuk mendapatkan nomor izin edar MD .

Pada saat kegiatan Sosialisasi tersebut BBPOM di Pekanbaru menghadirkan mobil STARLING yang ditempatkan di depan ruang Pertemuan di 2 kecamatan tersebut. Mobil STARLING BBPOM di Pekanbaru merupakan mobil untuk layanan Sertifikasi dan Informasi keliling yang merupakan salah satu inovasi BBPOM d Pekanbaru untuk mempermudah Masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait untuk mendapatkan izin edar obat dan makanan.