Puluhan rumah terendam banjir di Kecamatan Bukit Batu Bengkalis

id Pemkab Bengkalis,Pt indah kiat, banjir bengkalis

Puluhan rumah terendam banjir di Kecamatan Bukit Batu Bengkalis

Camat Bukit Batu Taufik didampingi Kades Batang Duku meninjau rumah warga yang terendam banjir.(ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Puluhan rumah warga Desa Batang Duku Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Riau terendam banjir akibat tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari ini.

"Ada sekitar 45 rumah di dusun Mekar Sari dan Kampung Baru yang saat ini terendam banjir," ujar Kepala Desa Batang Duku Sapri ketika dihubungi, Minggu (29/11).

Selain itu, kata Kades, lima Kepala Keluarga (KK) terpaksa diungsikan karena rumah yang ditempati tak bisa dipakai akibat rumah mereka terendam banjir.

"Rumah lima KK ini terparah digenangi air mencapai 40 cm atau setinggi lutut orang dewasa sdhingga terpaksa diungsikan ke tempat lain," kata Kades.

Diungkapkannya, banjir ini terjadi selain curah hujan yang tinggi juga diakibatkan tersumbatnya aliran drainase ke perbatasan lahan milik PT. Indah Kiat dan sebulan yang lalu, pihak perusahaan sudah disurati tetapi tidak ada respon juga.

"Lahan PT. indah Kiat berbatasan dengan desa Batang Duku, kita jauh hari sudah menyurati agar saluran air yang berbatasan dengan desa agar dilakukan normalisasi, tetapi sampai saat ini tidak ada tanggapan," keluh kades.

Kades juga akan mengancam akan melakukan aksi demo bersama masyarakat ke perusahaan apa bila dalam beberapa hari ini tidak ada juga tanggapan untuk membantu membersihkan drainase yang ada saat ini.

"Saat ini kita bersama masyarakat melakukan gotong royong bersama membersihkan parit dan saluran air, apa bila tidak ada juga respon dari perusahaan warga akan melakukan aksi nantinya, " kata Kades.

Selain itu Camat Bukit Batu dan juga BPBD juga sudah turun ke lokasi rumah warga yang terendam banjir.

"Kita sudah turun ke lokasi dan langkah yang diambil berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial agar dapat menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir, " kata Camat Bukit Batu Taufik.

Baca juga: Pekanbaru petakan drainase dan anak sungai untuk kendalikan banjir

Baca juga: Sungai Indragiri meluap, TNI dan Polri berjibaku bantu warga