Pekanbaru petakan drainase dan anak sungai untuk kendalikan banjir

id Banjir,banjir pekanbaru

Pekanbaru petakan drainase dan anak sungai  untuk kendalikan banjir

Kondisi di Jalan Dipponegoro Pekanbaru, Rabu sore (27/11). (ANTARA/Riski Maruto)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), memetakan drainase dan anak sungai guna pembuatan master plan pengendalian banjir saat musim penghujan.

"Saat ini konsultan masih bekerja melakukan pemetaan dan menghitung jumlah drainase dan anak sungai di Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution di Pekanbaru, Rabu.

Melalui peta drainase dan anak sungai ini ke depannya, tim menggesa masterplan(rencana induk) pengendalian banjir dikarenakan sudah masuk musim penghujan.

Dikatakan dia, tim juga melakukan penghitungan drainase yang tidak berfungsi.

"Sejumlah wilayah banjir pun dipetakan ulang kembali," katanya.

Sejauh ini kata dia, Dinas PUPR Kota Pekanbaru mendata ada 115 titik rawan banjir.

"Hasil survei tim ahli kemarin ada 115 titik banjir, tersebar hampir di 12 kecamatan," kata dia.

Maka lanjut dia, penyelesaian pembuatan master plan pengendalian banjir saat ini digesa dan nyaris rampung.

"Master plan pengendalian banjir ditargetkan rampung akhir tahun ini. Jika sudah selesai, itu sebagai panduan kita bekerja mengatasi masalah banjir," katanya.

Sementara untuk jangka pendek untuk penanganan banjir musim penghujan ini, PUPR hanya dapat melakukan normalisasi drainase dan anak sungai.

"Sebanyak lima tim diturunkan setiap hari dalam normalisasi drainase. Mereka juga melakukan pengerukan terhadap anak sungai menggunakan alat berat untuk melancarkan aliran air," tukasnya.