Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pekanbaru alami kenaikan

id Harga,Harga sembako pekanbaru

Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pekanbaru alami kenaikan

Ros (40) di Pekanbaru sedang berjualan barang harian, Kamis (26/11). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Walau perayaan Natal 25 Desember 2020, masih sekitar sebulan lagi, namun harga sejumlah kebutuhan pokok seperti cabai keriting, ayam potong, telur ayam ras dan lainnya mulai alami kenaikan di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru.

Ros (40) pedagang barang harian di Jalan Fazar mengatakan harga cabai keriting sudah sepekan terakhir terus alami kenaikan

"Kenaikan harga cabai keriting bertahap awalnya saat normal hanya Rp30-Rp35 ribu per kilogram," kata Ros.

Namun katanya, sepekan lalu naik menjadi Rp40 ribu per kilogram.

"Kemarin naik lagi menjadi Rp45 ribu per kilogram, hari ini sudah menembus Rp50 ribu per kilogram," kata Ros.

Dikatakan dia kenaikan harga cabai di picu musim penghujan di sentra penghasil pertanian seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

"Kata agennya musim hujan, panen banyak rusak," kata Ros mengutip.

Sementara itu Deliana (38) ibu rumah tangga di Jalan Durian juga mengakui selain cabai, ada kenaikan juga untuk harga telur ayam ras.

Kini harga eceran telur ayam ras naik dari Rp1.500 per butir menjadi Rp1.700 atau beli tiga butir dihargai Rp5 ribu .

"Kata orang warung sebelah rumah modal telur naik dari Rp38 ribuper papan (isi 30 butir..red) menjadi Rp40 ribu hingga Rp42 ribu untuk ukuran sedang," kata Deliana.

Ia mengaku maklum dengan adanya kenaikan harga tersebut, karena sudah menjadi kebiasaan menjelang perayaan hari keagamaan tiap tahunnya.

"Kalau naiknya masih dalam batas kewajaran kami ibu rumah tangga maklum, asal jangan melonjak," harapnya.

Pantauan antara di beberapa pasar tradisional Pekanbaru, harga yang juga alami kenaikan yaitu ayam potong. Biasanya di ecer Rp20-Rp25 ribu per kilogramnya kini naik menjadi Rp32 ribu. Bahkan dua pekan lalu sempat naik menjadi Rp35 ribu per kilogram, lalu turun.

Harga bawang merah juga mulai naik Rp2 ribu per kilogram, dari awalnya Rp25 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram, demikian juga bawang putih ikut menyesuaikan.

Tomat sayur yang awalnya diecer Rp5 ribu kini bertengger di harga Rp8 ribu.

Tidak ketinggalan harga minyak goreng curah dan kemasan juga ikut naik, dari awalnya di ecer Rp12 ribu per kilogram menjadi Rp14 ribu per kilogram.

Namun untuk gula, beras dan terigu sejauh ini relatif stabil.