Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis pamerkan 10 olahan dalam Pekan Sagu Nasional

id Pemkab Bengkalis,Makanan sagu, kuliner bengkalis

Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis pamerkan 10 olahan dalam Pekan Sagu Nasional

Sekretaris Ketahanan Pangan Bengkalis Hj Surya Suhersi.

Bengkalis (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis tampilkan sepuluh olahan berbahan sagu dan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam kegiatan Pekan Sagu Nusantara 2020 yang digelar secara virtual, Selasa (20/10).

"Dalam kegiatan ini kita menampilkan 10 olahan yang terbuat dari bahan sagu yang diikuti peserta dari 14 provinsi dengan mengusung tema "Sagu untuk Indonesia Maju", ujar Sekretaris Ketahanan Pangan Bengkalis Surya Suhersi.

Secara rinci, Surya mengatakan ada nasi sagu, mie goreng sagu, ongol-ongol sagu, bolu kemojo sagu, bolu dam sagu serta Lempeng sagu, cendol sagu, sempolet, sagu lemak, bubur kedegub sagu dan kerupuk sagu.

"Semua olahan makanan tersebut kami susun di atas 25 meja, selain itu kami juga memamerkan produk UMKM masyarakat Bengkalis," ungkap Surya.

Produk dimaksud meliputi, tepung sagu, beras sagu kuning dan merah, mie sagu serta sagu gobak (bahan dasar lempeng sagu).

Surya berharap, dengan keikutsertaan Bengkalis di ajang nasional ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi sagu.

"Semoga panganan lokal menjadi tuan di negeri sendiri, kalau bukan kita yang memanfaatkan siapa lagi," terangnya.

Surya menambahkan, jika panganan lokal semakin digemari, maka akan berdampak baik terhadap peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri.

Selain Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Susi Hartati, Surya juga didampingi sejumlah staf Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis.