HUT Siak ke-21, Disdikbud Siak webinar dengan ribuan guru di Indonesia

id Disdikbud. Siak. Webinar. Guru. ,Tanoto Foundation.

HUT Siak ke-21, Disdikbud Siak webinar dengan ribuan guru di Indonesia

Penyampaian materi pada webinar Disdikbud Siak. (ANTARA/HO-Tanoto Foundation)

Siak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak disebut menginspirasi ribuan guru melalui webinar pemodelan pembelajaran aktif dan kontekstual melalui kanal YoutubenyaDisdikbud Siak Bedelau (DSB) dengan ditontonlebih dari 2000 pasang mata yang terdiri dari berbagai kota di Indonesia.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Disdikbud Siak,Fakhrurrozi, Rabu ini merupakan salah satu upayapentingnya belajar dalam kondisi apapun. Seperti COVID-19ini menyadarkan kita bahwa esensi pendidikan merupakan belajar bukan sekolah.

"Anak-anak kita harus tetap belajar meskipun mereka tidak bersekolah. Disdikbud Siak Bedelau dan Portal Pembelajaran Siak Bedelau merupakan sarana yang bisa dimanfaatkan anak-anak agar mereka tetap," tuturnya saat menyampaikan sambutan pada webinar itu.

Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Siak yang ke-21.Dalam webinar ini, DSB mengundang narasumber training specialist Tanoto Foundation, Sasmoyo Hermawan.

Disdikbud Siak mengapresiasi TanotoFoundation yang selama ini telah banyak membantu Pemerintah Kabupaten Siak dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan."Saya mengucapkan terimakasih kepada Tanoto Foundation yang setia bersama kita dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Siak," imbuhnya.

Dalam presentasinya,Tanoto Foundation, Sasmoyo Hermawan menyampaikan bahwa pembelajaran yang kita berikan ke siswa paling tidak harus memuat MIKIR yang TOP. MIKIR adalah unsur pembelajaran aktif yang terdiri atas mengalami, interaksi, komunikasi dan refleksi.

"Dan TOP merupakan penyederhanaan konsep taxonomy bloom yang terdiri atas temukan, olah dan pikirkan kreasinya," sebut Sasmoyo saat memberikan materi.

Peserta webinar juga menyampaikan apresiasinya kepada DSB yang telah menginisiasi kegiatan ini. Salah satunya Guru SMPN 1 Kerinci Kanan,Felix Saputra.

“Terima kasih kepada Disdikbud Siak Bedelau dan Pak Sasmoyo yang telah memberikan materi ini. Ilmunya sangat bermanfaat," ujarnya di kolom percakapan.