KPU Meranti tetapkan pasangan calon Bersabar usai sembuh dari COVID-19

id kpu kepulauan meranti, kpu meranti, pilkada meranti, pasangan bersabar

KPU Meranti tetapkan pasangan calon Bersabar usai sembuh dari COVID-19

Ketua KPU Kepulauan Meranti Abu Hamid saat menerima berkas persyaratan paslon dari Sekretaris PKS Kepulauan Meranti Risnaldi. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti akhirnya menetapkan pasangan Said Hasyim - Abdul Rauf (Bersabar) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati, Selasa (13/10), setelah sebelumnya tertunda karena Abdul Rauf sempat dinyatakan positif COVID-19.

"Penetapan paslon berjargon Bersabar berjalan dengan lancar. Mereka sah ditetapkan untuk mengikuti kontestasi Pilkada Kepulauan Meranti pada 9 Desember yang akan berkompetisi dengan paslon lainnya yang sebelumnya sudah ditetapkan," kata anggota KPU Kepulauan Meranti Bidang Parmas dan SDM Hanafi SSos kepada ANTARA.

Pleno penetapan dilakukan di aula kantor KPU Kepulauan Meranti, Jalan Dorak, Selatpanjang. Berkas persyaratan paslon diterima Ketua KPU Kepulauan Meranti Abu Hamid dari partai pengusung dari Partai Golkar dan PKS.

"Pleno ini hanya dihadiri oleh partai pengusung dan LO (petugas penghubung) paslon untuk menyerahkan kelengkapan berkas persyaratan," ujar Hanafi.

Sebelum ditetapkan, paslon Said Hasyim - Abdul Rauf sempat dilakukan penundaan akibat salah satu dari pasangannya positif COVID-19. Sesuai dengan aturan PKPU mereka diberikan waktu selama 14 hari, dan akhirnya Abdul Rauf dinyatakan negatif.

"Seiring partai pengusung melengkapi surat keterangan kesehatan paslon, kita (KPU) memverifikasi berkas persyaratan lainnya. Memang saat itu ada beberapa berkas paslon yang perlu dilakukan perbaikan," terangnya lagi.

Dikatakan dia, paslon Said Hasyim - Abdul Rauf akan menerima sisa nomor urut usai satu hari setelah penetapan dan dilanjutkan dengan beberapa tahap lainnya.

"Besok (14 Oktober 2020) baru dilakukan penyerahan nomor urut paslon. Sementara penyerahan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) tanggal 15 Oktober dan pada tanggal 16 Oktober baru paslon Bersabar ini mulai melakukan kampanye," tambah Hanafi.

Dapat disampaikan pula, pleno penetapan paslon Bersabar disaksikan langsung oleh Bawaslu Kepulauan Meranti Romi Indra dan pihak Polres Kepulauan Meranti.

Sementara dari pengusung dihadiri Ketua Partai Golkar Kepulauan Meranti Iskandar Budiman dan Sekretaris PKS Kepulauan Meranti Risnaldi serta LO paslon Rahim.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar