Formasi bacaleg di Meranti masih bertahan jelang penetapan DCT

id KPU Kepulauan Meranti ,Ketua KPU Meranti ,Penetapan DCT,DCT di Meranti,Pergantian bacaleg Meranti

Formasi bacaleg di Meranti masih bertahan jelang penetapan DCT

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pergerakan partai politik (parpol) di Kepulauan Meranti hingga saat ini masih mempertahankan formasi bacaleg yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Pemilu 2024 mendatang.

Seperti diungkapkan Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, sejak dibuka masa pengajuan pengganti calon sementara, parpol masih mempertahankan para bacaleg andalannya. Memasuki pencermatan rancangan DCT, juga belum ada yang mengajukan pergantian bacaleg.

"Di masa pencermatan ini parpol sebenarnya masih bisa melakukan pengajuan pergantian calon jika diperlukan. Tak hanya itu, perubahan nomor urut dan dapil juga bisa disesuaikan. Tetapi kalau untuk mengubah jumlah calon tidak bisa lagi," kata Abu Hamid kepada ANTARA, Senin.

Ditanya mengenai isu adanya pergantian itu, ia menyampaikan bahwa ada sejumlah parpol yang memang dikabarkan akan melakukan perubahan bacaleg. Jika ternyata ada, ia menyarankan parpol bisa segera mengajukan sebelum masa pencermatan DCT berakhir pada 3 Oktober 2023.

"Kemaren sudah kita sampaikan kepada mereka (parpol) secara terbuka terkait hal itu (pergantian bacaleg). Sepertinya ada yang akan melakukan pergantian, tetapi sampai saat ini belum ada yang konfirmasi," jelasnya.

Salah satu pimpinan partai yakni Ketua DPC Gerindra Kepulauan Meranti, Taufikurrahman saat dikonfirmasi langsung memberikan tanggapan. Pada masa pencermatan ini, pihaknya optimis dengan formasi bacaleg yang didaftarkannya hingga penetapan DCT nanti.

Dirinya menilai caleg pilihan partai merupakan pilihan dari masyarakat. Ia berharap rekam jejak dan kapasitas para bacaleg tersebut tidak merugikan masyarakat.

"Kita hari ini menampung dan mendengarkan aspirasi masyarakat melalui para caleg kita. Seleksi dan tahapan sudah kita jalankan, nah tinggal uji publik dan masyarakat yang menentukan. Kita optimis mudah-mudahan kita dapat minimal satu kursi per dapil," harap Taufikurrahman.

Untuk diketahui, sesuai jadwal KPU Kepulauan Meranti akan melakukan penyusunan dan penetapan DCT pada 4 Oktober 2023. Sementara untuk pengumuman DCT dilakukan pada 3 November 2023. Daftar caleg kabupaten yang ditetapkan tersebut nantinya akan berlaga di Pemilu 2024 pada 4 Februari mendatang.