KPU Meranti luncurkan maskot Tembakul untuk Pilkada 2024

id Maskot Pilkada Meranti 2024 ,KPU Kepulauan Meranti ,Plt Bupati Meranti

KPU Meranti luncurkan maskot Tembakul untuk Pilkada 2024

Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP Purn Asmar mencoblos ilustrasi surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 dalam peluncuran maskot oleh KPU Kepulauan Meranti di Jalan Merdeka, Selatpanjang, Rabu (5/6/2024). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti meluncurkan maskot Tembakul sebagai logo perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Maskot ini adalah sebuah perwujudan seekor ikan amfibi yang memiliki sifat gesit dan lincah sangat kerap ditemukan di Kepulauan Meranti. Nama ikan ini dipilih sebagai logo Pilkada, karena memiliki singkatan arti dari Tentukan Mana Bakal Calon Pemimpin Unggulan Meranti.

"Konsep maskot ini kita pilih sesuai dengan tema yang kita angkat, yaitu memilih calon pemimpin unggulan untuk masa depan Meranti. Sesuai dengan sifat tembakul, kita harapkan bupati yang terpilih juga gesit dalam membangun Meranti, menciptakan lapangan kerja, bisa mengayomi masyarakat, mengejar ketertinggalan dan lainnya," kata Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Parmas dan SDM, Hanafidi Selatpanjang, Rabu malam.

Ia menyebutkan bahwa peluncuran maskot ini sebelumnya dilakukan sayembara penamaan maskot Pilkada 2024 secara umum. Nama maskot si Putra dan si Putri untuk dua ekor ikan Tembakul itu akhirnya dipilih dari pemenang sayembara juara I.

Pembuat nama maskot ini adalah Muhammad Nadri Rahman dan Ismaniar yang beralamat di Jalan Bahagia, Desa Tanjung, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Nama maskot ini si Putra dan si Putri dipilih karena cocok dengan tema yang kita buat untuk Pilkada 2024. Nama ini memiliki arti Demokrasi, Pilkada, dan Suara Hati Rakyat Meranti," jelas Hanafi.

Selain maskot, kata hanafi, juga terpilih jingle untuk lagu Pilkada Kepulauan Meranti tahun 2024 yang juga ikut diperlombakan.

"Nama jingle Dayung Serempak terpilih sebagai juara I. Pemenangnya atas nama Julian Draviza yang beralamat di Jalan M Syarif, Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti," sebutnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kepulauan Meranti Katmuji berharap kerjasama seluruh pihak agar partisipasi pemilih di Pilkada tahun 2024 bisa meningkat. Menurutnya, partisipasi Pilkada di Meranti pada tahun sebelumnya masih tergolong rendah dari target secara nasional.

"Kita menargetkan tahun ini partisipasi pemilih ada di angka minimal 75 persen. Untuk itu, kami harapkan kerjasama berbagai pihak mensukseskan Pilkada Kepulauan Meranti dan gunakan hak pilih pada 27 november 2024," ujar Katmuji.

Sementara, Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) Asmar turut hadir dalam peluncuran maskot Pilkada oleh KPU. Ia berharap masyarakat Kepulauan Meranti bisa semakin antusias menyambut Pilkada 2024 dalam menentukan pemimpin masa depan untuk kemajuan Meranti.

"Mengingat Pilkada 2024 ini adalah pesta demokrasi untuk memilih pemimpin masa depan, saya harap nantinya dapat berjalan lancar, aman, dan damai dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi," sebut Asmar.