Hujan deras semalaman rendam puluhan rumah warga di DAS Sungai Itam Pekanbaru

id Banjir,banjir kota pekanbaru

Hujan deras semalaman rendam puluhan rumah warga di DAS Sungai Itam Pekanbaru

Kondisi di salah satu titik di Jalan Dipponegoro Pekanbaru saat hujan deras beberapa waktu lalu. (ANTARA/Riski Maruto)

Pekanbaru (ANTARA) - Hujan deras semalaman yang melanda Kota Pekanbaru telah merendam puluhan rumah warga yang berlokasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Itam, Kelurahan Labuh Baru Barat, Payung Sekaki.

Pantauan ANTARA Selasa pagi, sejumlah anggota keluarga yang rumahnya terendam terpaksa membendung air sungai yang meluap dan membawa sampah agar tidak memasuki pekarangan bahkan ruangan di dalam rumah. Namun cara tersebut tidak berhasil bahkan semakin ke sini ketinggian air luapan sungai malah naik karena limpahan dari beberapa parit dan anak sungai yang mulai memenuhi Sungai Itam.

"Air mulai masuk rumah kami sejak pukul 04.00 WIB subuh tadi," kata Purba (40) salah satu warga RT 2/RW 2 di DAS Sungai Itam.

Kata dia tiap hujan deras Sungai Itam selalu meluap walau hanya merendam halaman, namun lebatnya hujam malam tadi hingga pagi ini telah menambah luapan hingga merendam rumah warga.

Dia mengatakan, meluapnya Sungai Itam karena pendangkalan yang dikarenakan endapan tanah dan sampah.

"Kami warga di DAS ini sudah pernah mengajukan pengerukan tetapi tidak digubris," katanya.

Hal yang sama juga diakui Simanjuntak. Luapan air Sungai Itam itu telah mengganggu aktifitas warga, akses jalan keluar rumah juga tidak bisa mereka terpaksa libur bekerja.

"Air masuk ke rumah ada yang mencapai setengah meter juga merendam mobil warga, " katanya.

Ia khawatir jika hujan terus mengguyur Pekanbaru ketinggian permukaan sungai akan bertambah.

"Kami mohon pemerintah ada perhatian mengeruk Sungai Itam agar airnya lancar," tambahnya.

Sementara itu Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Mia Vadilla, mengatakan bahwa hujan sudah mengguyur Riau pagi dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Mia Vadilla .

Ia mengatakan, pagi hari hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Rokan Hulu, Rokan hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, Kota Dumai dan Pekanbaru.

"Sementara siang hingga sore hari potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kabupaten Siak," katanya.

Sedangkan malam hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kampar, dan Kabupaten Kuantan Singingi.

"Dini hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Indrahiri Hulu," katanya lagi.

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Pelalawan, Indragiri hulu, Indragiri Hilir, dan Siak pada siang atau sore hari.