Dua pemulung nekat bobol 15 brankas perusahaan

id pembobol brankas,brankas perusahaan,diringkus polisi,Polres Metro Bekasi,Kabupaten Bekasi,15 brankas dibobol,yodi prabowo

Dua pemulung nekat bobol 15 brankas perusahaan

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan menunjukkan barang bukti brankas perusahaan yang dibobol pelaku. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Polres Metro Bekasi, Jawa Barat, meringkus dua pemulung yang membobol 15 brankas milik perusahaan di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dua pelaku itu adalah YN (36) dan AS (33). Sementara satu pelaku lain berinisial KN sedang diburu petugas.

"Petugas berhasil meringkus dua oknum pembobol brankas perusahaan di dua lokasi berbeda," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan di Cikarang, Jumat.

Hendra mengatakan pelaku YN berhasil diamankan petugas saat berada di Tasikmalaya pada 10 Juli 2020 lalu sedangkan pelaku AS ditangkap petugas di rumah kontrakannya yang berlokasi di Rawa Benteng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, dua hari setelah penangkapan pelaku pertama.

Dia menjelaskan sebelum menjalankan aksinya, ketiga pelaku terlebih dahulu mengintai perusahaan-perusahaan yang lengah dalam menerapkan pengawasan.

Dalam satu tahun terakhir, Hendra mengaku sudah ada 15 perusahaan yang dibobol para pelaku. Aksi terakhir dilakukan di sebuah perusahaan yang berlokasi di Desa Cicau, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi pada 28 Juni 2020 lalu.

"Ada 15 perusahaan yang menjadi korban pencurian brankas berisi uang masing-masing puluhan juta itu," katanya.

Dalam aksinya, pelaku membobol dinding atau tembok belakang perusahaan dan menjebol jendela serta pintu hingga masuk dengan leluasa. Targetnya adalah brankas dan barang-barang berharga perusahaan.

"Pelaku menyasar perusahaan yang lengah tidak ada sekuriti atau penjaga keamanan perusahaan," ucapnya.

Kepada penyidik, pelaku mengaku telah mendapatkan uang ratusan juta dari hasil kejahatannya itu hanya saja uang tersebut kini telah habis.

"Mereka mengaku untuk foya-foya hasil curiannya itu, sudah tidak ada," kata dia.

Dari penangkapan ini polisi menyita barang bukti sepeda motor, satu buah brankas, serta satu buah ponsel. Para pelaku dijerat pasal 363 Ayat 1 Ke-4 KUHPidana dengan ancaman pidana 7 tahun penjara.

Baca juga: Editor Metro TV tewas dengan pisau yang dibelinya

Baca juga: 20 saksi terkait pembunuhan editor Metro TV Yodi Prabowo