Dua jalan amblas usai diguyur hujan deras, akses Padang Pariaman-Agam terganggu

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,jalan amblas

Dua jalan amblas usai diguyur hujan deras, akses Padang Pariaman-Agam terganggu

Tangkapan layar sebuah video jalan kabupaten yang terletak di Korong Kampuang Tangah, Nagari V Suku, Kecamatan Batang Gasan, Padang Pariaman, Sumbar. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S.)

Parit Malintang (ANTARA) - Dua jalan di Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat amblas akibat abrasi Batang Sungai Sariak yang disebabkan tingginya curah hujan di daerah itu.

"Satu jalan provinsi yang menghubungkan Padang Pariaman dengan Agam sedangkan satu lagi jalan kabupaten yang menghubungkan Batang Gasan dengan Kecamatan Sungai Geringging dengan kondisi tidak bisa dilewati," kata Camat Batang Gasan Ermansuddin di Batang Gasan, Kamis.

Baca juga: Enam tewas, 10 hilang akibat jalan amblas di Qinghai, China

Ia mengatakan amblasnya jalan provinsi yang terletak di Korong Sungai Sariak, Nagari V Suku tersebut terjadi sekitar pukul 23.00 WIB sedangkan jalan kabupaten yang terletak di Korong Kampuang Tangah di nagari yang sama juga terjasi malam tadi.

Namun, lanjutnya untuk jalan kabupaten tersebut pada Mei lalu juga mengalami amblas tapi masih menyisakan badan jalan sekitar satu meter namun malam tadi seluruh badan jalan amblas.

Meskipun ada jalan alternatif untuk jalan provinsi, kata dia namun jarak yang ditempuh lebih jauh dari sebelumnya yaitu sekitar dua hingga tiga kilometer.

Ia menyampaikan terkait hal tersebut telah dilaporkan pihaknya kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk penanganan.

"Kata pihak BPBD akan meninjau lokasi pagi ini," katanya.

Untuk sementara pihaknya hanya memasang rambu-rambu agar pengendara tidak melintasi daerah itu guna menghindari terjadinya korban jiwa.

Pihaknya berharap pemerintah provinsi dan kabupaten segera memperbaiki jalan tersebut karena kedua jalan itu dibutuhkan warga untuk membawa hasil pertanian dan produk hasil rumah tangga.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman Budi Mulya membenarkan adanya jalan amblas di Kecamatan Batang Gasan.

Pihaknya saat ini masih dalam pendataan terkait bencana yang terjadi di Padang Pariaman karena tingginya curah hujan yang dialami daerah itu semenjak sore kemarin.

Ia juga menyampaikan bahwa pada Rabu (22/7) sekitar pukul 22.30 WIB juga terjadi pohon tumbang di Sicincin, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung sehingga jalan Padang-Bukittinggi tidak bisa dilalui.

Setelah dilakukan evakuasi yang dilakukan pihaknya dengan TNI, Polisi, dan warga setempat jalan tersebut kembali dapat lalui.

Baca juga: Dinas PU Siak turunkan ekskavator perbaiki jalan amblas yang benamkan truk

Baca juga: Baru saja Selesai Pengerjaan, Jalan Menuju Candi Muara Takus Amblas!!


Pewarta : Aadiaat MS