Dinas PU Siak turunkan ekskavator perbaiki jalan amblas yang benamkan truk

id jalan amblas di siak,dinas pu siak,jalan rusak,berita riau antara,berita riau terbaru

Dinas PU Siak turunkan ekskavator perbaiki jalan amblas yang benamkan truk

Alat berat diturunkan Dinas PU Tarukim Siak di jalan ambruk menuju Pelabuhan Tanjung Buton.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak, Riau (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman Rakyat Kabupaten Siak menurunkan alat berat pada lokasi jalan ambruk yang menyebabkan Truk Tronton Cangkang Sawit tenggelamdi Simpang Empat Kilometer 154 Gathering Station Kecamatan Pusako, Provinsi Riau.

"Walau ini jalan nasional dan kewenangan nasional, Dinas PU Siak tetap bantu dengan turunkan alat berat ekskavator. Gunanya membantu masyarakat untuk arus lalu lintas ke Kepulauan Meranti," kata Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Irving Kahar, di Siak, Kamis.

Dengan ambruknya jalan sepanjang 50 meter maka akses ke Pelabuhan Tanjung Buton terputus. Di sana merupakan jalur transportasi laut menuju Meranti dan juga Batam Kepulauan Riau.

Kejadian pada Rabu malam (6/11) itu awalnya ketika truk mau menuju Kawasan Industri Tanjung Buton dengan kondisi jalan tergenang air. Truk yang belum diketahui nomor polisinya itu, melintasi air namun tidak bisa jalan karena ambruk.

Lama kelamaan truk semakin ke bawah hingga sedalam lima meter dan tenggelam. Air yang tergenang juga keluar semakin banyak hingga truk itu pun hilang. Bahkan kemudian pohon di sampingnya tumbang hingga menutupi truk itu sebagai tanda lokasi tenggelam.

Ambruknya jalan tersebut yang diperkirakan sudah sedalam 10 meter saat ini juga membuat tanah bergerak di dua sisi pinggir jalan. Pergerakan itu bahkan arahnya ke atas yang mengakibatkan pipa gas Perusahaan Minyak Pertamina Hulu-PT Bumi Siak Pusako tertimbun sepanjang 50 meter di salah satu sisi jalan.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan indikasi sementara jalan tersebut aslinya merupakan alur sungai menuju Danau Naga Sakti. Atas hal tersebut alat berat digunakan untuk membuat jalan yang baru di sisi kiri dari Siak.

Sementara pengalihan arus dari Pekanbatu diarahkan ke Jalan Simpang Doral-Sungai Apit-Mekapan-Tg.Buton."Untuk jalur alternatif Bupati Siak juga mengarahkan petugas PU dan dinas perhubungan agar bantu Polres Siak," ujar Irving.

Bupati Siak, Alfedri lanjutnya juga meminta Dinas PU Tarukim membuat surat kepada Balai Jalan Nasional II Medan agar dapat memberikan perhatian khususnya di jalan itu. Pasalnya itu merupakan jalan ke Kawasan Industri Tanjung Buton yang merupakan proyek strategis nasional. Disamping PU juga mengingatkan surat terdahulu penanganan jalan nasional yang juga longsor di Kecamatan Kandis beberapa waktu lalu.

Baca juga: Truk tenggelam di jalan ambruk Siak-Buton, aparat gabungan lakukan ini

Baca juga: Truk tenggelam akibat jalan ambruk menuju Pelabuhan Tanjung Buton Siak
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar