Bahu jalan di Kandis longsor, arus lalu lintas dialihkan

id jalan longsor, jalan siak amblas, jalan kandis amblas, pengalihan arus

Bahu jalan di Kandis longsor, arus lalu lintas dialihkan

Kondisi jalan di KM 70 Kandis uang longsor.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Siak, Provinsi Riau, melakukan pengalihan arus diJalur Lintas Nasional Kilometer 70 Pekanbaru-Duri di Kecamatan Kandis karena bahu jalan yang longsor pada Minggu sore (29/9).

Kepala Satlantas Polres Siak, AKP Birgitta Atvina Widjayanti di Kandis mengatakan kendaraan dari arah Bengkalis dialihkan melalui jalur alternatif ke arah Sungai Pakning. Sementara untuk kendaraan dari arah Duri dialihkan ke Simpang Belutu, Kecamatan Kandis, Siak.

"Untuk kendaraan bermuatan berat yang saat ini berada di lokasi sementara tidak diperkenankan untuk melintas (diparkir sementara). Kendaraan kecil yang masih memungkinkan diperkenankan untuk melintas," katanya.

Situasi saat ini di lokasi, katanya sedikit terjadi pemadatan kendaraan namun masih tetap lancar. Pengalihan arus lalulintas akan diberlakukan enam jam ke depan sejak pukul 22.00 WIB, Minggu malam.

"Kondisi selanjutnya akan disampaikan kembali. Diimbau kepada pengendara agar mengutamakan keselamatan dalam berkendara," imbaunya.

Jalan KM70 tersebut mengalami amblas pada sisi bawahnya akibat tanah longsor karena hujan yang melanda wilayah setempat. Hal tersebut terjadi pada pukul 18.00 WIB, Minggu dan untuk mengantisipasi adanya korban diberlakukan sistem lalu lintas buka tutup.

Camat Kandis, Irwan Kurniawan membenarkan bahwa tanah yanglongsor sudah memakan hingga setengah jalan yang tergerus tanah. Jadi saat ini di bawah jalan bolong sehingga sangat berbahaya dan bisa jatuh ke bawah jika dilintasi.

"Longsor sudah memakan setengah jalan. Karena tergerus tanah di bawah jalannya bolong sehingga sangat berbahaya karena jalan bisa jatuh ke bawah," ungkapnya.

Menurutnya hujan lebat yang terjadi di KM70 Kandis sudah berlangsung sejak pukul 14.30 WIB hingga usai Ashar. Pihak terkait sudah memantau lokasi termasuk Bupati Siak, Alfedri bersama dinas pekerjaan umum setempat.

Baca juga: Jalan Kandis amblas akibat hujan deras