Pekanbaru bertambah tiga kasus positif COVID-19 dengan orang tanpa gejala

id Jubir covid-19 pekanbaru,Corona pekanbaru, covid pekanbaru

Pekanbaru bertambah tiga kasus positif COVID-19 dengan orang tanpa gejala

Seorang pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov Riau memasang masker saat mendapat giliran masuk bekerja di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Riau, di Kota Pekanbaru, Senin (20/4/2020). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi mengatakan wilayah itu bertambah tiga lagi kasus positif baru pada Ahad (19/7) dengan orang tanpa gejala (OTG).

"Hingga kemarin sore ada tiga kasus penambahan positif COVID-19 dua di antaranya orang tanpa gejala," kata dr Mulyadi di Pekanbaru, Senin.

Satu pasien positif terjaring saat secara mandiri saat memeriksakan diri, sedangkan dua OTG lainnya terjaring rapid test saat akan meninggalkan Kota Pekanbaru melalui jalur udara.

Dari tiga pasien positif COVID-19 tersebut, dua di antaranya warga Pekanbaru dan satu warga Sumatera Selatan.

Pasien positif pertama pria berinisial EES (33) warga Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatn Tampan. Dia masuk rumah sakit dengan keluhan sakit kepala, lemas, nyeri ulu hati, dan muntah.

"Pasien tidak memiliki riwayat perjalanan, setelah uji usap hasilnya diumumkan positif COVID-19," katanya.

Pasien positif corona kedua yaitu pria berinisial H (28) warga Desa Serdang Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir. Sebelumnya dia menjalani rapid test di rumah sakit karena keperluan untuk perjalanan keluar kota.

"Pasien mau pulang ke Palembang tetapi reaktif, ini kasus asimtomatik atau orang tanpa gejala," katanya.

Ketiga adalah pasien perempuan berinisial RA (35) warga Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya dia secara mandiri datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad dengan membawa hasil rapid test reaktif karena berencana berangkat ke Semarang.

Dengan penambahan kasus Minggu maka total positif ada 98 orang, sebanyak 82 orang sudah pulang dan sembuh, 10 orang masih dirawat dan enam pasien COVID-19 meninggal dunia.

Untuk total kasus PDP 901 orang sebanyak 808 orang diantaranya sembuh dan pulang 15 masih dirawat dan 78 meninggal dunia.

Hasil swab 77 PDP yang meninggal dunia negatif COVID-19, satu orang lainya belum keluar hasilnya.

Sementara itu total kasus ODP 6.664 orang. Rinciannya 6.585 orang selesai pemantauan dan 79 orang masih dalam pemantauan. ODP yang telah menjalani pemeriksaan rapid test sebanyak 9.608 orang, hasilnya 9.503 non reaktif dan 105 reaktif.

Baca juga: Pekanbaru ketambahan dua pasien COVID-19 baru

Baca juga: Wako Pekanbaru ijinkan salat Id berjamaah, yang demam di rumah saja