AS mundur dari WHO, Pelosi sebut "tindakan yang sungguh tak masuk akal"

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antara,Pelosi

AS mundur dari WHO,  Pelosi sebut  "tindakan yang sungguh tak masuk akal"

Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi menyobek kertas pidato Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyusul pidato State of the Union di sesi gabungan Kongres Amerika Serikat di U.S. Capitol di Washington, Amerika Serikat, Selasa (4/2/2020). (REUTERS/Joshua Roberts)

Washington (ANTARA) - Pengunduran diri resmi Amerika Serikat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) oleh Presiden Donald Trump merupakan "tindakan yang sungguh tidak masuk akal," kata ketua DPR AS Nancy Pelosi di akun Twitter.

Trump mengambil keputusan itu di saat "WHO mengoordinasikan perang melawan COVID-19", tulis Pelosi pada Rabu. "Dengan jutaan nyawa terancam, Presiden melumpuhkan upaya internasional untuk mengalahkan virus."

Baca juga: Kasus COVID-19 di Amerika Serikat capai 2 juta, Joe Biden kecam Trump

Amerika Serikat akan meninggalkan WHO pada 6 Juli 2021 dan saat ini AS masih menunda pendanaan senilai lebih dari 200 juta dolar AS (sekitar Rp2,8 tirliun) kepada organisasi tersebut, menurut situs WHO.

Sekretaris jenderal PBB sedang dalam proses verifikasi dengan WHO mengenai apakah AS memenuhi semua persyaratan pengunduran diri mereka, kata juru bicara PBB Stephane Dujarric melalui pernyataan, Selasa.

Baca juga: Sebut sebagai boneka China, Donald Trump akhiri hubungan dengan WHO

Sumber: Xinhua

Penerjemah: Asri Mayang Sari

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar