Bupati Rokan Hilir lantik 14 Penjabat Penghulu

id Penghulu,rohil, penghulu rohil, bupati rohil

Bupati Rokan Hilir lantik 14 Penjabat Penghulu

Prosesi pelantikan 14 penjabat penghulu persiapan di Media Center Gedung Daerah Datuk Batu Hampar, Bagansiapiapi, Rabu (24/6/2020). (ANTARA/Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Bupati Rokan Hilir Suyatno melantik sebanyak 14 penjabat penghulu persiapan dari lima kecamatan, yang dilaksanakan di Media Center COVID-19 Gedung Daerah Datuk Batu Hampar di Bagansiapiapi, Rabu (24/6).

"Hari ini kita melantik 14 penjabat penghulu persiapan ini dalam rangka menjalankan tugas pemerintahan dan pembangunan yang ada di kepenghuluan itu. Ini sifatnya sementara, pejabat yang diangkat dari Pegawai Negeri Sipil yang ada di masing-masing kecamatan," kata Suyatno usai pelantikan.

14 penjabat penghulu persiapan yang baru dilantik itu bertugas hingga mendapatkan kode registrasi atau kode wilayah dari Kemendagri. Bupati pun berharap kepada penjabat penghulu persiapan ini dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Saya juga mengingatkan kepada penjabat penghulu yang baru saja dilantik itu untuk dapat menjalankan serta mempersiapkan diri terhadap pelaksanaan Pemilihan Penghulu atau Pilpeng yang mungkin dijadwalkan pada September 2020. Jadi untuk itu saya berharap betul tugas yang tinggal beberapa bulan ini harus tuntas diselesaikan," kata Suyatno.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rokan Hilir Yandra mengatakan bahwa pelantikan ini untuk melengkapi persyaratan, arahan dari Kemendagri untuk menuju desa definitif.

"Secara administrasi kita sudah sampaikan ke Provinsi, tetapi untuk menguatkan dokumen-dokumen inilah kita lakukan pelantikan. Jadi pelantikan ini semata-mata untuk penyempurnaan syarat untuk menuju desa definitif," kata Yandra.

Baca juga: Sekolah di zona hijau Riau harus penuhi syarat sebelum buka

"Karena rekomendasi Kemendagri salah satu adalah memberhentikan sementara pejabat penghulu yang selama ini sampai kepada keluarnya kode register dari Kemendagri," sambung dia.

Oleh karena itu, lanjutnya, dokumen yang minggu kemarin sudah diantar, dan hari ini mungkin besok atau lusa akan menyampaikan dokumentasi ini sebagai bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sudah memenuhi secara keinginan Kemendagri.

"Kita berdoa dalam tahun ini kode register 14 kepenghuluan sudah bisa diberikan oleh Kemendagri. Berandai-andai kita kalau kode register keluar Oktober tahun ini, maka November kita akan kembalikan lagi kepada pejabat lama. Dan pejabat lama menjalankan sisa jabatannya sampai pada habis masa jabatannya," demikian Yandra.

Baca juga: KPU Rohil : Media penting untuk sosialisasi Pilkada