Untuk cadangan pangan saat COVID-19, Petani Siak tanam semangka tumpang sari

id covid-19, covid-19 siak, siak, kabupaten siak,pemkab siak

Untuk cadangan pangan saat COVID-19, Petani Siak tanam semangka tumpang sari

Bupati Siak bersama kelompok tani melakukan penanaman perdana Semangka Tumpang Sari.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati SiakAlfedri bersama Kelompok Tani Taruna Tani Jaya Agung Kelurahan Mempura melakukan penanaman perdanasemangka tumpang sari dengan sayuran berlokasi di area Komplek Kantor Bupati sebagai cadangan pangan di tengah pandemi COVID-19.

"Kita juga perlu kiranya membuat cadangan pangan di masa pandemi COVID-19 ini. Pemerintah daerah akan mendorong agar di setiap kampung dan pelosok bisa menanam dan memenuhi sendiri kebutuhan pangan melalui dinas pertanian," kata Alfedri di Siak, Rabu.

Penanaman ini lanjutnya juga sebagaibentuk dukungan dalam upaya optimalisasi pemanfaatan lahan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan. Di samping juga meningkatkan ekonomi masyarakat dengan budidayahorltikultura.

Pemerintah Kabupaten Siak kata dia juga mempersiapkan program kegiatan untuk meningkatkan cadangan pangan dan ketahanan pangan se-Kabupaten Siak. Diantaranya menyiapkan bantuan baik berupa bibit tanaman budidaya berikut sarana dan prasarananya.

Menurutnya banyak program-program dan peluangnya ada, tinggal bagaimana program ini dimanfaatkan oleh masyarakat dan petani. Pasalnya saat ini sumber pendapatan ekonomi masyarakat tidak hanya bergantung pada budidaya kelapa sawit.

"Hasil tanaman pangan dan hortikultura atau palawija sekalipun, jauh lebih banyak hasilnya daripada kelapa sawit dalam hitungan per hektarnya. Pemerintah Daerah mengapresiasi upaya meningkatkan ketahanan pangan ini, karena sejalan dengan usaha pemerintah pusat melalui program strategis agar Indonesia ini berkedaulatan pangan," ujarnya.

Baca juga: Di tengah Pandemi COVID-19, Siak miliki desa inklusi pertama di Riau

Sementara Ketua Kelompok Taruna Tani Jaya Agung Abdul Rasyid melaporkan, gerakan menanam ini merupakan upaya mengembangkan dan meningkatkan sektor perekonomian dari pertanian di Kelurahan Sungai Mempura. Hal itu mengingat di sekitar komplek perkantoran ini terlihat ada lahan yang belum terkelola atau lahan tidur masih banyak.

"Kami atas kelompok tani ingin mengolah lahan yang kurang lebih 1/4 Ha untuk uji coba. Alhamdulillah kami juga sudah dapat izin pembukaan lahan 3 Ha di situ, dan kami mengharapkan Bapak Bupati berkenan untuk membuka lahan secara simbolis nantinya," ucapnya.

Dikatakannya bahwa bantuan pemerintah sudah banyak dan petani dimudahkan dalam melakukan budidaya. Maka dari itu ia berharap ke depan semakin banyak kelompok tani dan pemuda tergerak untuk mengelola lahan tidur di sekitarnya, sehingga tingkat pengangguran dapat ditekan, angka kriminalitas berkurang, lingkungan juga terkelola dengan baik.

Di akhir acara juga dilaksanakan penyerahan surat sewa guna lahan dari Bupati Siak kepada ketua kelompok tani, dan penyerahan secara simbolis tanaman horltikultura dari Ketua Tim Penggerak PKK kepada perwakilan kelompok tani. Bantuan tersebut merupakan kerjasama PKK dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Siak, dengan jumlah bantuan berupa 500 batang bibit cabe terong ungu dan tomat.

Baca juga: Islamic Center Siak dibuka, tiga kelompok ini tidak disarankan masuk