Pemenang tender tak bertangggungjawab, Disdagperin batalkan pasar murah

id Pemkab Bengkalis,pasar murah batal,bengkalis

Pemenang tender tak bertangggungjawab, Disdagperin batalkan pasar murah

Kepala Disdagperin Kabupaten Bengkalis Indra Gunawan. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis akhirnya membatalkan pelaksanaan pasar murah akibat tidak bertanggungjawabnya rekanan pemenang tender tersebut.

"Anggaran mencapai Rp7 miliar yang dialokasikan untuk kegiatan reguler itu juga harus dikembalikan ke kas daerah dan pasar murah bagi masyarakat kurang mampu terpaksa kita batalkan," ujar Kepala Disdagperin Kabupaten Bengkalis Indra Gunawan, Rabu (29/4).

Ditegaskannya, Disdagperin juga mengambil langkah tegas dengan mamasukkandua perusahaan pemenang tender ke daftar hitam (blacklist), yaitu PTIrfanira Mitra Bersama dan CV. Siak Mandiri Sejahtera karena mundur karena tidak sanggup menyediakan salah satu bahan pangan untuk pasar murah, gula pasir.

"Perusahaan juga sudah di-blacklistdan informasinya sudah dipanggil oleh pihak kepolisian," katanya.

Tidak hanya daftar hitam, akibat dibatalkannya kegiatan pasar murah seyogyanya sudah dilaksanakan sebelum memasuki Ramadan lalu, Disdagperin juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian, agar kedua perusahaan lebih bertanggung jawab karena telah banyak yang merasa dirugikan akibat kelalaiannya.

"Kami membatalkan pelaksanaannya karena pemenang tender kegiatan ini tidak dapat memenuhi kontrak untuk melaksanakan pasar murah," ungkap Indra Gunawan.

Dengan dibatalkannya kegiatan pasar murah dana yang dikembalikan direncanakan dialihkan ke penanganan COVID-19 bekerja sama dengan pihak Bulog.

Untuk diketahui, bahwa rencana pasar murah reguler ini akan disalurkan ke seluruh keluarga kurang mampu di masing-masing kecamatan. Bahan pangan disediakan sebanyak 30.470 paket, berisi beras sebanyak 10 kilogram, minyak goreng sebanyak 2 liter dan gula pasir sebanyak 2 kilogram.

Disdagperin saat ini juga sedang menunggu pendataan terdampak COVID-19, dan akan disiapkan anggaran sekitar Rp28 miliar untuk tiga kali pelaksanaan pasar murah.

Baca juga: Disdagperin Bengkalis jadwalkan pasar murah sebelum Ramadhan

Baca juga: Bulog Riau gelar Operasi Pasar gula pasir murah Rp10.500 per kilogram