Lab biomolekuler Riau dapat pinjaman alat dari BBPOM, begini penjelasannya

id lab biomolekuler riau,pemeriksaan covid,covid 19,dinas kesehatan riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Lab biomolekuler Riau dapat pinjaman alat dari BBPOM, begini penjelasannya

Beberapa tenaga medis bertugas di Lab Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. ANTARA/Dok. Dinas Kesehatan Riau/pri.

Pekanbaru (ANTARA) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru meminjamkan alat untuk melakukan pemeriksaan menggunakan metode RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction) keLaboratorium Biomolekuler Provinsi Riau guna membantu mempercepat pengujian spesimen swab pasienCOVID-19.

"Alhamdulillah kita mendapat pinjaman alat PCR dari Balai Besar POM Pekanbaru sehingga akan menambah peningkatan pemeriksaan sampel di lab biomolekuler," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi RiauMimi Yuliana Nazir dalam keterangan tertulis yang diterima di Pekanbaru, Selasa.

Lab Biomolekuler Riau di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, mulai 20 April 2020 melakukanpemeriksaan sampel pasien COVID-19 menggunakan metode RT PCRsehingga Riau tidak lagi bergantung ke Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan KesehatanKementerian Kesehatan diJakartauntuk memeriksa spesimen pasien yang terserang virus corona.

Laboratorium itu bisa memeriksa60 hingga 100 sampel per hari dan pinjaman alat dari BBPOM Pekanbaruakan meningkatkan kecepatan laboratorium dalam melakukan pengujian sampel pasien menurutMimi.

Mimi menjelaskan, sampai sekaranglab biomolekuler RSUD Arifin Achmad sudah menerima 549 sampel dan sudah memeriksa 278 sampel di antaranya.

Hingga Selasa pagi jumlah pasien positif COVID-19 di Riau total39 orang, dengan perincian 22 pasien masih dirawat, 13 sudah sehat, serta empat orang meninggal dunia.

Selain itu ada total 594 pasien dalam pengawasan (PDP) terkait penularan virus corona, 268 di antaranya sudah dinyatakan tidak terserang corona.

Baca juga: Lab biomolekuler Riau uji ratusan swab pasien COVID-19, begini penjelasannya

Baca juga: Lab Biomolekuler Riau akhirnya beroperasi, uji swab Corona pagi sampai malam

Baca juga: Riau siapkan Rp7 miliar untuk laboratorium swab COVID-19 mandiri