Bandara SSK II Pekanbaru belum terapkan pemeriksaan Genose untuk penumpang

id bandara pekanbaru,deteksi Genose C 19,covid pekanbaru

Bandara SSK II Pekanbaru belum terapkan pemeriksaan Genose untuk penumpang

Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang dengan kamera pemindai suhu di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) di Kota Pekanbaru menyatakan belum menerapkan pemeriksaan Genose C 19 terhadap calon penumpang pesawat terbang.

"Untuk bandara-bandara lain dilakukan secara bertahap, termasuk di Bandara SSK II," kata Eksekutif General Manajer Bandara SSK II, Yogi Prasetyo, di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan, berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan yang terbaru, penerapan pemeriksaan Genose baru dilakukan di empat lokasi, yakni di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Meski begitu, ia mengatakan otoritas Bandara SSK II sudah mulai bersiap dari segi fasilitas pendukung sambil menunggu keputusan dari pemerintah.

"Saat ini kami mempersiapkan dari sisi operasional dan fasilitas pendukung, selanjutnya kami menunggu dari regulator (Kementerian Perhubungan)," ujarnya..

Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran No. 26 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Dijelaskan bahwa aturan terbaru dalam pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara dalam masa pandemi COVID-19, salah satu yang menjadi fokus adalah penggunaan GeNose C 19.

Alat tersebut untuk mendeteksi dini yang berbasis embusan napas sebagai alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan orang dalam negeri pada moda transportasi udara.

Empat bandara yang sudah ditentukan untuk penerapan deteksi Genose tersebut mulai diberlakukan sejak 1 April 2021. Penerapannya akan terus dilakukan penambahan dan penyempurnaan dalampelaksanaannya, dan penumpang juga dapat menggunakanRT-PCR dan Rapid Test Antigen.

Baca juga: Bandara Pekanbaru perketat pemeriksaan WNI dari luar negeri, begini penjelasannya

Baca juga: Penumpang di Bandara Pekanbaru naik 20 persen jelang Natal


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar