DPRD minta toko dan ritel sediakan tempat cuci tangan cegah COVID-19

id Dprd,dprd kota pekanbaru, dprd pekanbaru

DPRD minta toko dan ritel sediakan tempat cuci tangan cegah COVID-19

Gedung DPRD Kota Pekanbaru. (ANTARA/HO)

 Pekanbaru (ANTARA) - Pemilik toko dan pelaku usaha ritel di Kota Pekanbaru, diminta sediakan tempat mencuci tangan bagi pengunjungnya guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita minta ada inisiatif dari pemilik usaha untuk menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer bagi pengunjung," kata Ketua Komisi IV DPRD KotaPekanbaru Sigit Yuwono di Pekanbaru, Kamis.

Politisi Partai Demokrat ini menyebutkan, pencegahan penularan virus COVID-19 menjadi tanggung jawab bersama. Bukan hanya pemerintah, masyarakat juga harus secara swadaya membantu, mematuhi dan mendukung kebijakan yang dikeluarkan Pemko.

"Bila perlu Pemko keluarkan surat edaran terkait penyediaan tempat cuci tangan di tiap toko dan ritel moderen. Jika tidak patuh, tegas saja, cabut izinnya," kata dia.

Di samping itu, Sigit juga mengaku sudah cukup puas atas beberapa langkah proteksi dini yang dilakukan Pemko Pekanbaru, salah satunya dengan merumahkan anak didik, meniadakan kegiatan yang bersifat massal atau berkumpul.

Makanya dia mengimbau masyarakat mematuhi instruksi pemerintah, ini dalam situasi yang sama-sama tak dinginkan. Virus mematikan tengah menyebar tanpa memandang siapa manusianya.

"Di sini tinggal kesadaran kita masyarakat untuk berperan aktif dalam melakukan langkah antisipasi pencegahan yang dapat dimulai dari diri sendiri," tukas Sigit.

Baca juga: DPRD Riau bagi-bagi hand sanitizer ke pengendara Ojol