Peringati HPSN, Bupati Rohil ingin seragam petugas kebersihan diperbarui

id HPSN,rokan hilir, berita rohil

Peringati HPSN, Bupati Rohil ingin seragam petugas kebersihan diperbarui

Bupati Rokan Hilir, Suyatno melakukan penanaman pohon ketapang putih dalam acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kabupaten Rokan Hilir tahun 2020 di Bagansiapiapi, Rabu (11/3). (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Bupati Rokan Hilir Suyatno memberikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup beserta seluruh karyawan/karyawati yang telah bekerja siang dan malam memperhatikan kebersihan Kota Bagansiapiapi maupun Rokan Hilir secara umum.

"Harapan saya ke depan kondisi yang baik ini tentu harus kita pertahankan dan terus kita tingkatkan lagi. Tapi untuk kasat mata kita melihat Bagansiapiapi sudah cukup bersih," ujar Bupati dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kabupaten Rokan Hilir tahun 2020, di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup setempat, Rabu (11/3).

Ia menilai pekerjaan daripada para petugas kebersihan ini suatu pekerjaan yang sangat luar biasa, karena setiap hari dihadapkan dengan persoalan-persoalan sampah, bermacam-macam bau yang mereka hadapi.

"Ini suatu pekerjaan yang sangat mulia bagi seseorang dan dampak daripada pekerjaan itu akhirnya kota Bagansiapiapi bersih gitu. Jadi saya tetap akan memperhatikan kesejahteraan daripada Dinas Lingkungan Hidup ini," kata Suyatno.

Mengenai pengawas kebersihan, Bupati menginginkan agar seragam pengawas harus beda dengan petugas kebersihan. "Jadi harus seragam bajunya. Bajunya harus beda dengan petugas-petugas kebersihan yang lainnya, harus ada perbedaan lah," harap dia.

Selain itu, kata Suyatno, juga akan memperhatikan kendaraan bagi pengawas kebersihan supaya mereka cepat bergerak dalam melaksanakan tugasnya.

"Mereka kan punya kendaraan pribadi, sementara tugas mereka itu tugas yang membantu kebersihan untuk level kabupaten, bukan tugas pribadi," kata Bupati.

"Jadi perlu kita perhatikan, ya mungkin kenderaan roda duanya sementara nanti kita anggarkan di APBD, supaya ada semangat lagi untuk mereka mengawasi semua petugas-petugas kebersihan yang ada di kota Bagansiapiapi maupun kecamatan yang lainnya," tambah dia.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi menyampaikan bahwa dalam kegiatan HPNS 2020 ini ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan yakni penandatanganan deklarasi Rokan Hilir bebas sampah 2020.

Selanjutnya kegiatan pameran produk-produk bank sampah yang dihasilkan oleh bank sampah yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

Kemudian, lanjut dia, ada penghargaan kepada enam bank sampah yang ada di Rokan Hilir yang selama ini telah melakukan kegiatan dalam hal pendaurulangan, serta penanaman pohon, kegiatan lomba melukis dan lomba mengumpulkan botol dan air mineral.