Layanan pengaduan darurat, Siak Siaga Call Center 112 diluncurkan

id call center siak, siak,112,karhutla, berita siak

Layanan pengaduan darurat, Siak Siaga Call Center 112 diluncurkan

Dirjen Kominfo bersama Bupati Siak, Alfedri.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Komunikasi dan Informasi meluncurkan layanan "CallCenter" Siak Siaga 112 sebagai layanan cepat kepada masyarakat yang ingin memberikan pengaduan maupun informasi secara gratis.

"112 ini saya lihat tidak akan ada hambatan, tinggal nanti respon lebih cepat terhadap masyarakat yang nelpon darurat," kata Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi, Prof. Dr. AhmadM Ramli di Siak, Kamis.

Untuk mensosialisasikan ini kepada masyarakat, katanya, kalau bisa kendaraan ambulansditulis besar-besar nomor 112. Selain Call Center pada kesempatan tersebut juga diluncurkan "Siak Live Room", "Call Video", dan "Center Conference".

Bupati Siak, Alfedri menyampaikan bahwa dengan layanan ini masyarakat bisa menyampaikan keadaan darurat. Misalnya kecelakaan ataupun kebakaran lahan yang selanjutnya akan diteruskan ke instansi terkait.

"Silahkan masyarakat melakukan pengaduan, laporan, apapun apa kecelakaan, kebakaran. Bisa Call Center 112, ini layanannya 24 jam asal telepon seluler bersinyal bisa dan ini gratis," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya akan mengingatkan petugas di Diskominfo Siak call center agar siaga 24 jam bekerja dua "shift". Juga kepada instansi terkait seperti pemadam kebakaran, satuan polisi pamong praja, maupun dinas kesehatan agar reaksinya cepat.

Untuk Siak Live Room akan ada pantauan langsung pada sejumlah lokasi di Siak yang memiliki kamera pemantau. Sedangkan Video Conference dibuat untuk memudahkanpenyampaian informasi, arahan, dan instruksi di lingkungan pemkab dan para camat.

"Kegiatan ini merupakan salah satu darirangkaian Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia. Dimana pada tahun 2017 Kabupaten Siak merupakan salah satu dari 25 kabupaten/kota yang terpilih untuk menjadi Smart City," sebutnya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar