Dua pengguna narkotika jenis kokain asal Australia terima vonis di PN Denpasar

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,narkoba

Dua pengguna narkotika jenis kokain asal Australia terima vonis di PN Denpasar

Kedua terdakwa David Dirk Johanes Van Iersel dan William Roy Astillero Cabangtog di Pengadilan Negeri Denpasar (Antara/Ayu Khania Pranisitha)

Denpasar (ANTARA) - Dua pengguna narkotika jenis kokain asal Australia, bernama bernama David Dirk Johanes Van lersel (38), dan William Roy Astillero Cabangtog, (36) menerima vonis di Pengadilan Negeri Denpasar.

"Mengadili, menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana yaitu turut serta melakukan perbuatan sebagai penyalahgunaan narkotika golongan I bagi dirinya sendiri," kata Majelis Hakim yang diketuai oleh Angeliky Handayani Day, di Pengadilan Negeri Denpasar, Senin.

Baca juga: Penggrebekan klub malam yang dipimpin Kapolda hanya sita belasan ekstasi

Kedua terdakwa menerima vonis yang berbeda. Untuk terdakwa David Dirk Johanes Van Iersel divonis sembilan bulan penjara, sedangkan William Roy Astillero Cabangtog divonis satu tahun penjara dikurangi selama kedua terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah untuk tetap ditahan, sebagaimana dalam pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009.

Hal-hal yang memberatkan dari perbuatan kedua terdakwa bahwa keduanya tidak mendukung program pemerintah yang sedang giat-giatnya memberantas peredaran narkotika.

Sedangkan hal memberatkan untuk terdakwa William Roy Astillero Cabangtog bahwa terdakwa memiliki inisiatif menggunakan atau menyiapkan kokain untuk digunakan bersama-sama terdakwa David.

"Hal-hal yang meringankan bahwa kedua terdakwa sopan di persidangan, mengakui perbuatannya dan keduanya merupakan korban dari peredaran narkotika," jelas majelis hakim.

Sedangkan hal meringankan untuk terdakwa William Roy Astillero Cabangtog yaitu terdakwa menggunakan kokain untuk mengurangi depresi yang dialaminya sebagaimana keterangan Dokter dari Poliklinik Kejiwaan RS Bhayangkara.

Melalui kuasa hukumnya, kedua terdakwa mengaku menerima putusan yang diberikan majelis hakim dalam persidangan.

Baca juga: Medina Zein akan jalani rehabilitasi

Baca juga: Lukai dua petugas dengan pisau, Polisi tembak mati pengedar narkoba jaringan Tahun Baru


Pewarta: Ayu Khania Pranishita