CPI Terus Upayakan Pemulihan Kondisi Gajah

id cpi terus, upayakan pemulihan, kondisi gajah

Duri, 23/3 (ANTARA) - PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) menurunkan tim pemadam kebakaran untuk memulihkan kondisi induk gajah yang sempat sekarat.

Hingga Rabu malam, pihak petugas pemadam kebakaran terus menyemprotkan air ke tubuh induk dan anak gajah tersebut untuk mendinginkan tubuh gajah yang hangat, kata Humas CPI Duri, Tiva Permata, di Duri, Rabu malam.

Dia menyebutkan pihaknya segera mengambil tindakan, begitu mengetahui ada induk gajah yang hampir sekarat di jalan yang berada di perumahan Cendana, Desa Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, Riau.

"CPI juga telah berkoordinasi dengan WWF dan BBKSDA untuk menyelamatkan gajah ini," jelas perempuan yang akrab disapa Tiva ini.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya tengah mencari dokter hewan untuk mengetahui kondisi rill kesehatan induk gajah tersebut.

Menurutnya gajah bukanlah musuh bagi masyarakat yang bermukim dikawasan CPI.

"Biasanya gajah masuk ke komplek perumahan warga setiap dua bulan sekali. Jumlahnya 25 ekor atau biasanya di kelompok yang lebih kecil," katanya.

Gajah tersebut, lanjutnya, baru akan keluar dari perumahan setelah cukup diberi makan.

Daerah lintasan gajah, kata dia, yakni di komplek perumahan Talang dan Krakatau tapi kadang masuk juga ke perumahan lainnya.

"Warga pun sudah terbiasa dengan hal ini dan membiarkan gajah makan pucuk pepohonan. Bahkan warga pun sengaja menanam tanaman yang diperuntukkan bagi gajah di luar perumahan," katanya.

CPI bersama BBKSDA dan WWF berupaya memastikan keselamatan gajah dan penghuni perumahan tersebut.