Batam berhasil raih lima penghargaan "Kota Cerdas"

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, Batam berhasil raih,kota cerdas

Batam berhasil raih lima penghargaan "Kota Cerdas"

Tugu "Welcome to Batam". (FOTOANTARA/Naim)

Batam (ANTARA) - Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau meraih lima penghargaan dalam ajang Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019 yang ditaja Institut Teknologi Batam (ITEBA) bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

"Alhamdulillah Batam mendapat penghargaan di lima kategori," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Zarefriadi, Senin.

Baca juga: Sejumlah Perusahaan di Batam kesulitan cari tenaga kerja sesuai keahlian

Sebanyak lima kategori yang berhasil dikantongi Batam yaitu rating kota menuju cerdas (smart city), rating ekonomi cerdas (smart economy), rating lingkungan cerdas (smart environment), rating keamanan dan kebencanaan kota (safe and secure cities), dan rating kesiapan integrasi (integration readiness).

Kota Batam, kata dia, menjadi satu-satunya kota besar di luar Pulau Jawa yang mendapat piagam dan piala di ajang bergengsi tersebut.

RKCI merupakan agenda rutin dua tahunan. Dalam kegiatan itu, panitia tidak hanya menyerahkan penghargaan, melainkan juga pengelompokan kota, serta pemberian masukan demi peningkatan kinerja menuju pengembangan kota cerdas.

Rangkaian penilaian RKCI 2019 dimulai sejak Juli 2019, ditandai peluncuran oleh Wakil Presiden kala itu, Jusuf Kalla.

Tim kemudian melakukan penilaian mandiri pada Agustus 2019, dan dilanjutkan dengan verifikasi lapangan oleh tim ITB pada September 2019.

Selain Batam, Piagam RKCI untuk kota besar juga diberikan kepada Surabaya, Bandung, Semarang, Bogor, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Baca juga: Pengamat Kawasan Ekonomi Khusus harap Presiden Jokowi perkuat daya saing Batam

Baca juga: Bakamla RI tangkap kapal diduga transfer BBM ilegal di Batam


Pewarta : Yuniati Jannatun Naim