Program Kemitraan PT CPI dengan universitas, Unri ke Jepang, Mahasiswa UIR ke tiga negara

id PT CPI, Chevron

Program Kemitraan PT CPI dengan universitas, Unri ke Jepang, Mahasiswa UIR ke tiga negara

Perwakilan dosen Prodi Teknik Kimia Universitas Riau bersama jajaran pimpinan Fakultas Kehidupan dan Ilmu Lingkungan Universitas Tsukuba, Jepang, pada 22 Oktober 2019. (ANTARA/HO-PT CPI)

Pekanbaru (ANTARA) - Program Kemitraan dengan Universitas (University Relationship Program/URP) menjadi jembatan perguruan-perguruan tinggi di Riau untuk menembus dunia. Program yang diinisiasi oleh PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) tersebut memfasilitasi keberangkatan tiga dosen Program Studi Teknik Kimia Universitas Riau (Unri) ke Jepang dan empat mahasiswa Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Islam (UIR) Riau ke Korea Selatan, Jepang, dan Vietnam.

"Program ini tentu sangat membanggakan karena memberikan peluang bagi para akademisi maupun mahasiswa asal Riau untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di provinsi ini," ungkap Sonitha Poernomo, Manager Corporate Communications PT CPIpada akhir Oktober 2019.

Program URP bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan kapasitas dosen dan mahasiswa guna membantu peningkatan akreditasi jurusan. Di antaranya melalui kuliah tamu, seminar, kunjungan lapangan, dan publikasi jurnal. Program URP ini telah berjalan sejak 10 tahun silam.

Pembahasan Nota Kesepahaman kerja sama dan pertukaran program akademik antara Universitas Riau dan Universitas Tsukuba, Jepang, yang didukung PT CPI melalui Program University Relationship Program (URP). (ANTARA/HO-PT CPI)


Pada 22 Oktober 2019, tiga dosen Program Studi Teknik Kimia Unri berada di Jepang untuk menandatangani nota kesepahaman kerja sama dan pertukaran program akademik dengan salah satu universitas tertua dan bergengsi, yakni Universitas Tsukuba di Prefektur Ibaraki. Tiga dosen Unri yang berangkat adalah Dr Ir Bahruddin MT, Ir Amrizal MT, dan Idral Amri ST MT PhD. Sementara pihak Universitas Tsukuba diwakili Prof Hiroshi Ohi selaku direktur dan para dekan Fakultas Kehidupan dan Ilmu Lingkungan.

Kerja sama dengan pihak luar negeri merupakan salah satu indikator yang dinilai dalam pengajuan akreditasi nasional dan internasional. Kerja sama tersebut juga dapat mendukung pelaksanaan program "double degree" bagi mahasiswa S2 dan "fast track" bagi mahasiswa S1.

"Kami mewakili Fakultas Teknik Universitas Riau tentu sangat berterimakasih dan bersyukur atas dukungan penuh dari PT CPI. Hal ini diharapkan dapat membantu peningkatan kapabilitas para dosen dan mahasiswa agar berkelas dunia," ujar Idral Amri.

Rombongan Universitas Islam Riau (UIR) ketika berada di Ho Chi Minh University of Technology (HCMUT), Vietnam, pada Agustus 2019, sebagai bagian dari University Relationship Program (URP) yang didukung PT CPI. (ANTARA/HO-PT CPI)


Tahun ini, program URP yang ditaja PT CPI juga memberangkatkan empat mahasiswa Teknik Perminyakan UIR masing-masing ke Korea Selatan, Jepang, dan Vietnam. Pada bulan Mei 2019, Syafrina Putri mengikuti program magang di laboratorium Inha University, Korea Selatan, selama hampir sebulan. Dia magang di laboratorium Center of Unconventional Energy Resources, di bawah bimbingan Prof Hyundon Shin.
Syafrina Putri, mahasiswi Universitas Islam Riau (UIR), saat mengikuti program magang di Inha University, Korsel, pada Mei-Juni 2019 sebagai bagian dari University Relationship Program (URP) yang didukung PT CPI. (ANTARA/HO-PT CPI)


Kemudian pada bulan Juni, giliran mahasiswa Teknik Perminyakan UIR lainnya, yakni Tengku Said Apriandi, terbang ke Kyushu University, Jepang. Selama sebulan, Said dibimbing Prof Yuichi Sugai untuk mempelajari teknologi injeksi air dan injeksi surfaktan dalam kegiatan produksi minyak pada tahap lanjut. "Program ini sangat bagus untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya kalangan mahasiswa. Semoga program terus berlanjut agar dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan daerah," ujar Said.
Mahasiswa Teknik Perminyakan UIR, Tengku Said Apriandi (kiri), bersama dosen pembimbingnya Prof. Yuichi Sugai di Kyushu University, Jepang, pada Juni 2019, sebagai bagian dari University Relationship Program (URP) yang didukung PT CPI. (ANTARA/HO-PT CPI)


Yang terakhir adalah Muhammad Farhandika dan Satria Putra Samudra yang berangkat ke Ho Chi Minh University of Technology (HCMUT), Vietnam. Mereka berada di sana sekitar satu bulan, mulai 21 Agustus hingga 18 September 2019.

Di bawah bimbingan Dr Eng Xuan Nguyen Huy, kedua mahasiswa UIR tersebut menimba ilmu tentang penerapan salah satu teknologi tingkat lanjut pengangkatan minyak (Enhanced Oil Recovery/EOR) dan pemanfaatan perangkat lunak Computer Modelling Group (CMG) dalam simulasi reservoir. Untuk EOR, Farhan dan Satria mempelajari teori teknologi Water Alternating Gas berupa injeksi gas dan air ke dalam reservoir untuk membantu proses pengangkatan minyak mentah.
Dua mahasiswa UIR, Muhammad Farhandika dan Satria Putra Samudra, belajar teknologi perminyakan di Ho Chi Minh University of Technology (HCMUT), Vietnam, mulai 21 Agustus hingga 18 September 2019, sebagai bagian dari University Relationship Program (URP) yang didukung PT CPI. (ANTARA/HO-PT CPI)


Ketua Prodi Peminyakan UIR Dr Eng Muslim menyampaikan terima kasih kepada pihak universitas dan PT CPI yang telah menjadi sponsor bagi kegiatan ini. "Harapannya, semoga kegiatan ini dapat menambah poin akreditasi Prodi Teknik Perminyakan dan mendukung visi dan misi UIR untuk unggul di Asia Tenggara pada tahun 2020," ujar Muslim.

Selain Unri dan UIR, perguruan tinggi terkemuka di Riau lainnya yang menerima bantuan pendidikan Program URP dari PT CPI ini adalah Teknik Elektro Universitas Lancang Kuning (Unilak) dan FMIPA Kimia Universitas Muhammadiyah Riau. Pada 28 Oktober 2019, PT CPI mendukung pelaksanaan pelatihan Autocad-Electrical untuk para dosen dan mahasiswa Unilak.

Tidak hanya itu, PT CPI juga mendukung penyediaan 20 unit komputer dan Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk melengkapi fasilitas laboratorium.
Kunjungan ke laboratorium komputer Unilak yang didukung oleh PT CPI sebagai bagian dari University Relationship Program (URP). (ANTARA/HO-PT CPI)


Sejak 1950-an, PT CPI menjadi perintis berdirinya berbagai fasilitas pendidikan yang memberikan akses bagi pengembangan sumber daya manusia di Provinsi Riau. Tonggak sejarah itu ditandai dengan penyerahan bangunan SMA pertama, yakni SMA Negeri 1 Pekanbaru, pada 8 Oktober 1957. Sekolah tersebut tumbuh sebagai sekolah favorit dan sudah banyak melahirkan tokoh masyarakat dan pemerintahan di Riau. PT CPI juga bermitra dengan pemerintah daerah dalam pendirian ratusan sekolah SD, SMP, dan SMA lainnya di Riau, termasuk pembangunan SMKN pertama di Kecamatan Kandis dan Tapung.

Di tingkat pendidikan tinggi, pendirian Politeknik Caltex Riau (PCR) merupakan salah satu langkah monumental dan strategis untuk menjawab kebutuhan SDM yang terampil, profesional, dan siap pakai. PCR yang merupakan politeknik pertama di Riau secara resmi beroperasi pada 2001 atas prakarsa Pemprov Riau dan PT CPI melalui anggaran pembangunan yang disetujui Pertamina-BPPKA (sekarang bernama SKK Migas).

PCR merupakan contoh nyata kemitraan yang sukses antara pemerintah daerah, SKK Migas dan pelaku industri hulu migas dalam turut meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia tempatan yang mandiri dan mampu bersaing secara global.

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kampus PCR (ANTARA/Riski Maruto)
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar