6.000 personel TNI dikerahkan untuk amankan pelantikan anggota DPR/MPR RI

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,6.000 personel TNI

6.000 personel TNI dikerahkan untuk amankan pelantikan anggota DPR/MPR RI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat meninjau pasukan dalam Apel Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (30-9-2019)

Jakarta (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan sebanyak 6.000 personel untuk mengamankan pelantikan anggota DPR/MPR RI pada Selasa (1/10).

"Kami kerahkan 6.000 personel, untuk mempertebal di Gedung DPR/MPR RI saat pelantikan," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto usai Apel Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin.

Sementara itu, untuk pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden pada tanggal 20 Oktober 2019, TNI mengerahkan sekitar 8.500 personel.

Pengamanan dilakukan tidak hanya di Gedung DPR/MPR RI, tetapi personel dikerahkan untuk menjaga Istana Negara dan sentra-sentra ekonomi, seperti Glodok, agar masyarakat merasa aman dan nyaman.

Wilayah-wilayah yang menjadi pusat pengamanan TNI di sekitar Gedung DPR/MPR, antara lain, pintu utama DPR/MPR, Pejompongan, perempatan Slipi, Palmerah, Petamburan, Ladugi, pintu belakang Gedung DPR/MPR, dekat lampangan tembak.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan keterangan pers usai Apel Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden,di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (30-9-2019). ANTARA/Syaiful Hakim

"Pengamanan di Gedung DPR/MPR kami pertebal agar tidak ada masyarakat yang masuk sembarangan," katanya.

Pengamanan di Palmerah fokus pada kawasan dekat stasiun lantaran di wilayah itu ada pintu masuk yang menuju masjid DPR/MPR.

"Kami perbanyak pasukan TNI/Polri agar masyarakat yang ingin melakukan unjuk rasa juga tidak membawa batu. Kami awasi di sana. Kami halau mereka kalau ingin masuk ke Gedung DPR/MPR," kata Panglima TNI.

Selain itu, tambah Hadi, TNI juga menyiapkan helikopter di Gedung DPR/MPR yang bersifat insidental.

"Mudah-mudahan pelantikan anggota DPR/MPR dan pelantikan presiden dan wakil presiden berjalan lancar," kata Panglima TNI.

Pewarta : Syaiful Hakim